BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan Peresmian BACK OFFICE JOGJA SMART PROVINCE

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Salam sejahtera bagi kita semua,

 

Yang terhormat, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

 

Yang saya hormati:

  • Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia, Irjen Polisi Aan Suhanan;

  • Kepala Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta Irjen Polisi Suwondo Nainggolan;

  • Jajaran Forkopimda Daerah Istimewa Yogyakarta;

  • Tamu undangan dan hadirin sekalian.

 

Hari ini, kita berjumpa untuk menjadi saksi, atas inisiatif yang akan mengubah wajah pelayanan publik di Daerah Istimewa Yogyakarta, seiring upaya “Menatap Masa Depan Melalui Lensa Kota Cerdas”.

Seiring peresmian Back Office Smart Province Yogyakarta, kita menyambut “smart era”, dimana langkah ini merupakan peningkatan signifikan dalam upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat. Melalui implementasi "Road Safety Policing" sebagai pemandunya, kita bersama-sama membangun kondisi kota yang aman, selamat, tertib, dan lancar, berkat kolaborasi erat antara Kepolisian dan Pemerintah Daerah.

 

Bapak Kapolri dan hadirin sekalian yang saya hormati,

Ditinjau dari dimensi kearifan lokal, pembangunan “Back Office Smart Province”, sejatinya menjadi manifestasi nyata dari falsafah “Eling lan Waspodo”, di mana kita senantiasa diingat-ingatkan menjaga kewaspadaan, atas berbagai dinamika yang melingkupi kehidupan. Selaras dengan pepatah Jawa, "Yitna Yuwana Lena Kena", yang mengajarkan: bahwa kewaspadaan adalah fondasi utama, untuk mewujudkan masyarakat sejahtera.

Pembangunan Back Office Smart Province, juga merefleksikan komitmen  untuk menjawab tantangan zaman. Dengan dukungan teknologi canggih, seperti Smart Dashboard, CCTV Analytic, dan Digital Map, kita mampu memantau dan mengendalikan situasi di lapangan secara real-time. Inovasi ini tidak hanya meningkatkan respons terhadap masalah, tetapi juga mengoptimalkan penggunaan data, untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman dan teratur.

 

Bapak Kapolri dan Hadirin sekalian,

Back Office Smart Province, bukan hanya sebuah fasilitas, tetapi sebuah revolusi dalam pelayanan publik. Divisi-divisi yang ada, mulai dari Patroli Online, Opsdal Media Management hingga Data Collecting, semuanya bekerja harmonis di bawah satu atap.

Mereka tidak hanya bertugas memantau dan merespons, tetapi juga melakukan analisis mendalam terhadap data yang terkumpul, untuk menghasilkan kebijakan yang lebih tepat dan akurat.

Oleh karena itu, sangatlah penting, untuk terus mengasah kompetensi dan keterampilan para petugas Back Office Smart Province. “Continuous training and upskilling” harus menjadi prioritas, agar mereka selalu siap, menghadapi segala tantangan yang ada di lapangan. Sebagaimana pepatah Latin mengatakan, "Scientia potentia est" - pengetahuan adalah kekuatan.

Dengan “high-caliber human capital”, niscaya dapat dipastikan, bahwa setiap perangkat dan sistem dapat berfungsi maksimal, memberikan “top-notch services”, dan sehingga akhirnya membawa dampak nyata bagi kesejahteraan masyarakat.

Dengan semangat kolaborasi, saya optimis menatap masa depan, di mana peningkatan keterlibatan warga bukan lagi semata utopia. Teknologi digital akan menjadi pilar utama dalam memperkuat partisipasi publik dalam pemerintahan, memastikan bahwa setiap suara tidak hanya didengar, tetapi juga memiliki dampak nyata dalam membentuk masa depan komunitas kita.

Bersama-sama, kita bisa membawa perubahan yang signifikan, menciptakan komunitas yang lebih inklusif dan responsif—suatu lingkungan di mana setiap warga benar-benar memiliki daya untuk membentuk masa depan mereka sendiri.



Bapak Kapolri dan hadirin sekalian,

Dengan pemaknaan seperti itulah, saya mengucapkan “Selamat Datang di Daerah Istimewa Yogyakarta” kepada Bapak Kepala Kepolisian Republik Indonesia, seraya menyambut hangat peresmian Back Office Smart Province Yogyakarta, sebagai buah inovasi Pemda DIY dan Polda DIY.

Akhir kata, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, berkenan melimpahkan berkah serta rahmat-Nya, agar “Back Office Smart Province” dapat berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan, dan kondusivitas Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sekian, terima kasih.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.




Yogyakarta, 12 Juni 2024

 

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA,




HAMENGKU BUWONO X