BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan AGENDA MAPPING EFEKTIVITAS KEBIJAKAN PEMBERIAN SUBSIDI ANGKUTAN UMUM PADA TRANSPORTASI BER

Assalamualaikum Wr., Wb.,

Salam Damai Sejahtera bagi Kita Semua.

 

Yang saya hormati:

  • Kepala Badan Kebijakan Transportasi, Kementerian Perhubungan RI;

  • Perwakilan dari Perangkat Daerah di wilayah DIY;

  • Tamu undangan dan hadirin sekalian.




Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa atas anugerah yang dilimpahkanNya, sehingga kita semua masih diperkenankan untuk mengikuti agenda hari ini dalam keadaan sehat wal’afiat, tanpa kekurangan suatu apapun.

 

Saudara-saudara,

Isu strategis, adalah fakta-fakta yang perlu dikedepankan dalam perencanaan pembangunan. Ini karena dampaknya yang signifikan di masa datang.  Isu strategis, juga dapat dimaknai sebagai suatu kondisi/kejadian penting/keadaan yang apabila tidak diantisipasi, dapat menimbulkan kerugian ataupun hilangnya peluang.

Pemetaan dan analisis isu-isu strategis, merupakan tahapan mutlak dalam seluruh proses perencanaan pembangunan. Diawali dari identifikasi isu yang tepat dan bersifat strategis, tahapan ini memiliki pengaruh besar terhadap tingkat akseptabilitas prioritas pembangunan, sehingga semaksimal mungkin dapat dipertanggungjawabkan secara moral dan etika birokrasi.

Adapun berkaitan dengan subsidi, penekanannya adalah demi meringankan beban mereka yang menjadi target sasarannya. Meski begitu, kita semua perlu dengan besar hati mengakui, bahwa pelaksanaan subsidi dan bantuan sosial di negara kita masih banyak yang perlu dibenahi. Dalam hal data, misalnya, kendala yang paling umum adalah terkait validitas data, yang tentu saja menjadikan subsidi tercederai “ruh”nya. Sering pula ditemui inefektivitas dan inefisiensi subsidi yang bila ditelusuri ke belakang, ternyanya bersumber dari para stakeholder yang belum satu persepsi dan satu komitmen.

Berangkat dari kesemuanya tadi, pertama-tama, saya, atas nama Pemerintah Daerah DIY, menyambut baik dan menyampaikan apresiasi kepada Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan, sehingga kegiatan pemetaan isu strategis (agenda mapping) hari ini dapat terinisiasi.

Adalah harapan kita bersama, bahwa kegiatan yang dimaksudkan untuk identifikasi isu atau permasalahan terkait efektivitas kebijakan pemberian subsidi angkutan umum pada transportasi berbasis jalan dan kereta api hari ini, dapat menghasilkan rekomendasi kebijakan yang implementatif dan solutif, yang tepat sasaran dan yang tepat manfaat.

Mari manfaatkan kesempatan dialog ini dengan sebaik-baiknya, sebagai salah satu langkah awal penyamaan persepsi serta komitmen antar antar stakeholder, yang dimulai sejak tahap awal identifikasi rancangan kebijakan hingga ke tahap implementasinya nanti.

Akhirnya, teriring Bismillahirrahmanirrahim, Agenda Mapping Efektivitas Kebijakan Pemberian Subsidi Angkutan Umum pada Transportasi Berbasis Jalan dan Kereta Api, saya nyatakan resmi dibuka.

Sekian dan terima kasih.



Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Yogyakarta, 13 Juni 2024

 

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X