BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

S a m b u t a n PENGUKUHAN KEPALA PERWAKILAN BPKP PROVINSI DIY

Assalamualaikum wr. wb.

Salam sejahtera untuk kita semuanya,

 

Yang saya hormati:

  • Ketua DPRD DIY;

  • Jajaran Forkopimda DIY;

  • Pimpinan Instansi Vertikal area DIY dan Jawa Tengah;

  • Bupati dan Walikota Mitra BPKP Perwakilan Provinsi DIY;

  • Perwakilan BUMN dan BUMD;

  • Para Hadirin yang saya hormati, khususnya

Kepala Perwakilan BPKP DIY yang baru dan yang lama, yang berbahagia,



PUJI-SYUKUR senantiasa kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada hari ini kita berkesempatan “mangayubagya” Pengukuhan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, setelah  Upacara Pelantikan dilaksanakan pada 15 Maret 2024 di Jakarta.

 

Di momen ini pula, kita memberikan penghormatan atas dedikasi dan komitmen yang telah diperlihatkan oleh Bapak Adi Gemawan selama memimpin BPKP DIY. Saya ingin mengingatkan kita semua, akan harapan yang saya ungkapkan, pada saat pelantikan Bapak Adi Gemawan tahun 2021 silam. Sampai dengan saat ini, harapan tersebut telah diwujudkan dengan tindakan nyata.

 

Selama sekitar 3 tahun kepemimpinannya, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi DIY telah berhasil menjalin sinergi yang kuat. Tidak hanya dengan APIP Provinsi, tetapi juga dengan APIP Kabupaten/Kota. Beliau telah mengedepankan pendidikan dan pemberdayaan aparat desa, sehingga mereka menjadi lebih cakap dalam mengawal keuangan desa, dalam proses membangun desa yang akuntabel. Ini adalah sebuah transformasi, yang membawa kita lebih dekat kepada amanat Undang-Undang Desa.

 

Lebih lanjut, di bawah kepemimpinan Bapak Adi Gemawan, BPKP DIY tidak hanya berupaya menemukan kesalahan, tetapi lebih penting lagi, mencegahnya. Ini adalah bukti nyata dari pengendalian intern Level 3, yang telah berhasil diterapkan di seluruh wilayah DIY.



Hadirin sekalian,

 

Meski begitu, sebuah estafet kepemimpinan harus terus berjalan. Pemerintah telah memberikan tongkat estafet tersebut kepada Bapak Setyo Nugroho sebagai Kepala Perwakilan BPKP Provinsi DIY. Saya berharap, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi DIY yang baru  tidak hanya melanjutkan, tetapi juga meningkatkan apa yang telah dicapai oleh pendahulunya. Diantaranya, adalah meningkatkan usaha preventif dalam pencegahan kesalahan,  dengan mengimplementasikan pengendalian intern Level 4 yang lebih terkelola dan terukur.

 

Saya juga berharap, di bawah kepemimpinan Bapak Setyo Nugroho, BPKP dapat bersinergi lebih dalam dengan APIP Provinsi dan Kabupaten/Kota. Sinergisitas ini, terutama dalam pengawasan program-program “quick wins” DIY, seperti Reformasi Kalurahan dan program Jaminan Sosial Lanjut Usia, yang tidak hanya memberikan solusi makro tetapi juga rekomendasi yang mikro, detail, dan praktis. Tentunya, untuk mewujudkan kesejahteraan yang telah kita cita-citakan bersama dalam Pancamulia.

 

Saya juga mengingatkan, bahwa dalam upaya ini, dukungan dari Kepala Daerah dan Kepala OPD di seluruh wilayah DIY menjadi kunci. Sinergi dan kolaborasi, adalah fondasi kita untuk mencapai tujuan yang lebih besar.



Para Hadirin yang saya hormati,

 

SEBELUM mengakhiri sambutan ini, atas nama Pemerintah Daerah DIY, perkenankanlah saya mengungkapkan rasa terima kasih yang tulus dan penghargaan yang tinggi kepada Bapak Adi Gemawan, yang telah memberikan yang terbaik bagi Yogyakarta.

 

Sedangkan kepada Bapak Setyo Nugroho saya juga berharap, agar tidak segan-segan untuk melakukan dialog, komunikasi dan koordinasi dalam rangka menunaikan misi dan tugas kita bersama.

 

Dengan kesan dan harapan seperti itulah, hendaknya kita semua menyambut baik acara Pengukuhan ini, sekaligus mengucapkan: “Selamat Datang” dan “Selamat Jalan” kepada kedua Pejabat BPKP tersebut.

 

Semoga ALLAH SWT. Tuhan Yang Maha Esa berkenan melimpahkan berkah serta rahmat-Nya bagi Bapak-Bapak berdua beserta keluarga. Dengan iringan ucapan bagi beliau berdua: “Selamat bekerja dan bertugas, serta mengabdi bagi rakyat, bangsa, dan negara semata”.

Sekian, terima kasih.

Wassalamualaikum wr. wb.



Bangsal Kepatihan, 13 Juni 2024

 

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA,




HAMENGKU BUWONO X