BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan PENYERAHAN HEWAN KURBAN IDUL ADHA 1445 HIJRIAH

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

 

Hadirin dan Saudara-saudara sekalian yang Saya hormati,

 

Puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada hari ini kita masih diberi kesempatan untuk menghadiri Penyerahan Hewan Kurban Idul Adha 1445 Hijriah dari Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta dalam keadaan sehat wal’afiat.

 

Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurah keharibaan Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam, keluarga, serta para sahabat yang telah mendukung perjuangan beliau dalam memberikan pencerahan agama bagi umat manusia. Semoga kita mampu mewarisi keteladanan beliau demi mengharap ridho dari Allah Subhanahu Wata’ala. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

 

Hadirin sekalian,

 

Hari raya Idul Adha, Insya Allah akan kita peringati. Sebagai seorang muslim hendaknya kita selalu taat kepada apa yang telah diperintahkan oleh Allah Subhanahu Wata'ala. Idul Adha, juga dikenal sebagai Hari Raya Kurban, adalah salah satu perayaan penting dalam agama Islam yang mengingatkan kita tentang pengorbanan Nabi Ibrahim dan Ismail.

 

Lebih dari sekadar ritual ibadah, Idul Adha mengandung makna yang mendalam tentang peradaban Islam dan nilai-nilai cinta yang melekat dalam tradisi ini. Idul Adha adalah momen untuk merenungkan pengorbanan yang dilakukan Nabi Ibrahim yang diperintahkan oleh Allah untuk mengurbankan putra kesayangannya. Kisah ini mengajarkan kita tentang nilai-nilai pengorbanan, keteguhan hati, dan ketaatan yang tinggi dalam menghadapi ujian hidup. Selain itu, sebagai wujud dari nilai kemanusiaan karena mengajarkan kita untuk berbagi kepada tetangga sekitar dan fakir miskin

 

Dalam kesempatan yang berbahagia ini,  atas nama Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta kami menyampaikan satu ekor sapi dari Presiden Republik Indonesia dan total tujuh ekor sapi dari Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, yang diserahkan sebagai hewan kurban ke 5 kabupaten/kota se-DIY, Masjid Gedhe Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan Masjid Ageng Puro Pakualaman.

 

Akhirnya hanya kepada Allah Subhanahu Wata'ala jualah kita berharap dan memohon taufik dan hidayah. Semoga dengan melaksanakan kurban dengan baik dan sesuai tuntunan Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam akan menghantarkan kita sekalian menjadi muslim yang muttaqiin. Amin ya Robbal ‘alamin.

 

Sekian.

 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

 

Yogyakarta, 14 Juni 2024

 

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X