BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan RAPAT PLENO TERBUKA PENETAPAN PEROLEHAN KURSI DAN PENETAPAN CALON TERPILIH DPRD DIY 2024

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Selamat siang dan salam sejahtera bagi kita semua,

 

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta beserta seluruh jajarannya, serta para hadirin sekalian.

 

Hari ini, menjadi momentum penting dalam sejarah demokrasi Daerah Istimewa Yogyakarta, seiring pelaksanaan Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi dan Penetapan Calon Terpilih Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tahun 2024.

Di momentum ini pula, kita menegaskan prinsip  moral "Vox populi, vox Dei. Falsafah ini, seakan mengingatkan kita semua tentang prinsip fundamental demokrasi, di mana kehendak rakyat adalah derajat tertinggi dari demokrasi.

Untuk itu, marilah kita panjatkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan rahmat-Nya, proses pemilihan umum di wilayah kita dapat terlaksana dengan aman, lancar, dan penuh integritas. Ini adalah bukti nyata dari kedewasaan berdemokrasi dan komitmen kuat kita terhadap nilai-nilai demokratis.

 

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Saya ingin menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta. Atas dedikasi, profesionalitas, dan ketegasan KPU DIY, kita telah bisa melewati salah satu tahapan krusial dalam menjaga dan menghormati suara rakyat. Ucapan terima kasih saya ucapkan kepada KPU DIY, dan semua pihak yang telah bekerja keras sebagai garda demokrasi selama pemilihan berlangsung.

Saya juga mengajak seluruh elemen masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta untuk terus mendukung proses demokrasi di daerah kita. Tak lama lagi, kita akan menyelenggarakan Pilkada serentak di lima kabupaten/kota. Untuk itu, mari kita songsong hajatan demokrasi tersebut dengan semangat yang sama—semangat untuk memilih pemimpin yang amanah dan berintegritas, yang akan membawa kabupaten dan kota seDIY terus maju dan sejahtera.

 

Saudara-saudara sekalian yang saya hormati,

Saya berharap proses pleno hari ini dapat terlaksana dengan lancar dan menghasilkan keputusan yang bijaksana. Kepada seluruh peserta rapat, mari kita tunjukkan bahwa Yogyakarta adalah model keberhasilan demokrasi, yang tidak hanya mengutamakan proses, tapi juga menghargai hasil yang adil dan transparan.

Akhir kata, marilah kita semua bekerja sama dan bahu-membahu dalam mengawal proses demokrasi ini, demi kejayaan dan kemajuan Daerah Istimewa Yogyakarta yang kita cintai.

 

Sekian, terima kasih.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.




Yogyakarta, 14 Juni 2024

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X