BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan PERESMIAN “GRHA ALFUSA” KOPERASI KONSUMEN KOPONTREN AL FURQON SANDEN

Assalamualaikum Wr., Wb.,

 

Yang saya hormati: Bupati Bantul, Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Ketua Yayasan/Pengasuh PP Al Furqon Sanden, Para Tamu Undangan, dan Hadirin Sekalian.



Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa atas anugerah yang dilimpahkanNya, sehingga kita semua masih diperkenankan untuk mengikuti agenda hari ini dalam keadaan sehat wal’afiat, tanpa kekurangan suatu apapun.



Saudara-saudara,

Sejak tahun 2019 Pemerintah semakin gencar mendorong koperasi, utamanya sektor riil, untuk lebih berkiprah dan berkembang. Koperasi diharapkan tidak sekedar fokus pada usaha simpan pinjam, melainkan juga harus menghasilkan produk dan menyediakan jasa dalam bentuk usahanya. Pemerintah juga gencar mendorong modernisasi koperasi.  Modern yang dimaksud mencakup akses pembiayaan, fasilitasi kemitraan dan akses pemasaran, adaptasi teknologi, restrukturisasi kelembagaan melalui amalgamasi, pemekaran usaha, serta pengembangan model koperasi multi pihak.

Ada harapan besar, bahwa koperasi dapat menjadi salah satu aktor utama bagi upaya penguatan skema kelembagaan sektor riil di daerah, yang mampu mengurangi angka kemiskinan dan menekan ketimpangan. Melalui pengembangan koperasi sektor riil yang modern, diharapkan mampu menumbuhkan kekuatan ekonomi lokal, dan bertindak sebagai pencetus pusat pertumbuhan ekonomi baru yang sinergis dengan skema pengembangan kawasan.

Pemda DIY sendiri mendukung upaya-upaya kreatif tentang transformasi perkoperasian, seperti: penumbuhan koperasi modern, amalgamasi, spin-off, klinik koperasi, hingga penyelesaian konflik perkoperasian secara tuntas. Kami pun secara aktif mendorong dan melakukan pendampingan kepada koperasi yang ada di DIY, khususnya yang bergerak di sektor riil, agar dapat bertransformasi dan memenuhi kriteria koperasi modern. Pertumbuhan koperasi sektor riil bahkan sejatinya harus dipandang sebagai buah keberhasilan dari transformasi koperasi yang benar-benar riil, nyata, efektif, dan berdampak.

Bertolak dari hal-hal tersebut, kami Pemda DIY, menyambut baik, mengapresiasi, dan mengucapkan selamat, atas kehadiran “GRHA ALFUSA” Koperasi Konsumen Kopontren Al Furqon Sanden. Besar harapan, agar bangunan yang dimaksudkan sebagai perkantoran, gedung pertemuan, ruang rapat, dan ruang unit usaha ini, pada saatnya nanti, dapat memenuhi apa yang telah menjadi harapan kita bersama, berkaitan dengan transformasi dan modernisasi koperasi. Teriring pula harapan, bahwa Kopontren Al Furqon Sanden dapat terus tingkatkan komunikasi dan hubungan baik dengan elemen-elemen lain yang ada di masyarakat, termasuk dengan pihak Pemerintah Daerah, agar dapat memperoleh pendampingan dan fasilitasi, sehingga dapat menjadi sebuah institusi yang semakin profesional.

Akhirnya, semoga “GRHA ALFUSA” dapat memperlebar jalan bagi koperasi konsumen Kopontren Al Furqon Sanden: untuk terus membawa manfaat dan kebaikan tidak saja bagi anggota dan komunitasnya, melainkan juga bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

Sekian dan terima kasih.

 

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Yogyakarta, 23 Juni 2024

 

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X