BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan PIPILAKA IS CALLING ART EXHIBITION AND CONCERT

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Salam sejahtera untuk kita semua.

 

Founder Pipilaka Foundation, para pendukung acara dan hadirin sekalian.

 

Indonesia melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mendukung penuh agenda global untuk mengakhiri polusi plastik termasuk di laut. Indonesia sedang  mengimplementasikan kebijakan memerangi sampah plastik dan polusi. Indonesia telah memberlakukan Rencana Aksi Nasional Pemberantasan Sampah Laut dengan target menguranginya sebesar 70% pada tahun 2024.  Selain itu juga memprioritaskan waste management dengan memperkuat kapasitas dan kapabilitas kita dengan beralih dari pendekatan linier ke pendekatan sirkular (3R-EPR-circular economy) melalui prinsip pengurangan melalui daur ulang atau pemulihan sumber dan sumber daya.

Isu lingkungan dapat mengancam kenyamanan hidup masyarakat. Masalah persampahan, misalnya, hingga kini masyarakat di Indonesia masih belum sadar betapa pentingnya pemilahan dan pengelolaan sampah secara mandiri. Kampanye tentang lingkungan dapat dilakukan melalui berbagai cara. Salah satunya melalui pameran seni.

Untuk itu, saya mendukung dan mengapresiasi diselenggarakannya Pipilaka is Calling Art Exhibition and Concert pada hari ini. Melalui pameran interaktif yang juga didukung para pelaku seni kenamaan, mampu menjadi hiburan sekaligus dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan lingkungan.

Akhir kata, demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga kegiatan ini membawa dampak positif dan menjadi ikhtiar kita bersama untuk berkontribusi dalam melestarikan lingkungan.

Terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Yogyakarta, 26 Juni 2024

 

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA



HAMENGKU BUWONO X