BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan PANEN RAYA PADI HASIL PEMANFAATAN BANTUAN POMPANISASI PADA LAHAN SAWAH TADAH HUJAN DAN T

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Salam Sejahtera Untuk Kita Semua.

 

Yang terhormat Menteri Pertanian Republik Indonesia.

 

Yang saya hormati:

  • Kepala Badan Pangan Nasional;

  • Ketua DPRD Kabupaten Gunungkidul;

  • Bupati Gunungkidul;

  • Jajaran Forkopimda Kabupaten Gunungkidul;

  • Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY

  • Pimpinan Wilayah Perum Bulog Kanwil DIY

  • Tamu Undangan dan hadirin yang berbahagia.

 

Pada kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita bersama-sama memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, yang telah melimpahkan segala karunia, hidayah serta inayah-Nya sehingga kita dapat hadir dan bertemu dalam keadaan sehat wal’afiat mengikuti Acara Panen Raya Padi Hasil Pemanfaatan Bantuan Pompanisasi Pada Lahan Sawah Tadah Hujan Dan Tanam Jagung Serta Pemberian Bantuan Pangan Pada Masyarakat Melalui Gerakan Pangan Murah (GPM).

 

Hadirin yang kami hormati,

Pemerintah melalui PP No 68 Tahun 2002 tentang ketahanan pangan sebagai pertauran pelaksanaan UU No 7 Tahun 1996 tentang pangan menjamin kestabilan ketahanan pangan. Luas Baku Sawah (LBS) di DIY di tahun 2019 adalah seluas 76.272 Ha dan khusus di Kabupaten Gunungkidul seluas 31.973 Ha.

Sesuai Surat Keputusan Menteri Pertanian RI Tahun 2024 Nomer 265/KPTS/OT.050/M/06/2024 tentang Satgas Antisipasi Darurat Pangan, target kegiatan pompanisasi di Kabupaten Gunungkidul seluas 1.645 Ha dengan bantuan pompa air 36 unit.

Untuk produksi tanaman pangan DIY, khususnya padi tahun 2023 sebesar 534.114 ton GKG, dan tahun 2024 dari bulan Januari-Mei sebesar 308.573 ton GKG. Sedangkan untuk produksi komoditi jagung DIY tahun 2023, jagung pipilan kering KA (Kadar Air) 14% sebesar 217.546 ton, dan di tahun 2024 dari bulan Januari-Mei 2024 sebesar 96.575 ton.

Patut kita syukuri, petani di Kabupaten Gunungkidul sudah mulai adaptif dengan adanya tanda-tanda perubahan iklim termasuk El-Nino yang terjadi di tahun 2023. Misalnya, dengan perubahan penggunaan varietas padi yang berumur panjang menjadi varietas padi genjah (umur pendek) dan perubahan pola tanam ke padi-palawija. Melihat potensi ketersediaan air dan pemanfaatan dengan penggunaan pompa serta infrastruktur air yang tersedia untuk mendukung penambahan areal tanam (PAT) tahun 2024.

Menurut perhitungan KSA Padi BPS yang rilis tahun 2023, produksi padi Kabupaten Gunungkidul sebesar 191.255 ton GKG. Jika dikonversi menjadi beras sebesar 120.873 ton. Sedangkan kebutuhan konsumsi beras Kabupaten Gunungkidul tahun 2023 sebanyak 63.332 ton beras. Sehingga masih surplus 57.541 ton. Namun, seringkali petani menyimpan dalam bentuk gabah di lumbung rumah tangganya dan menjadi tradisi untuk memberikan bekal anak cucunya pada saat perantauan. Oleh karenanya bantuan pangan lainnya juga masih diperlukan untuk kebutuhan rakyat yang non-pertanian.

Acara panen kali ini juga dimeriahkan dengan agenda Gerakan Pangan Murah (GPM) untuk stabilisasi pasokan dan harga pangan. GPM yang bersumber dari APBD ini telah dilaksanakan sebanyak 21 kali ini merupakan bentuk peran serta pemerintah dalam menjaga ketersediaan komoditas pangan strategis sekaligus menjaga daya beli masyarakat ditengah berbagai isu terkait inflasi pangan.

Senada dengan hal tersebut, untuk menjamin pangan bagi masyarakat berpendapatan rendah, pemerintah melalui Badan Pangan Nasional Republik Indonesia menugaskan Perum Bulog untuk menyalurkan Cadangan Pangan Pemerintah berupa Bantuan Pangan Beras sebanyak masing-masing 10 kg beras kepada masyarakat Penerima Bantuan Beras.

Harapannya, dapat mengurangi beban pengeluaran keluarga penerima manfaat. Tahap I Penyaluran dan Penyerahan Beras Bantuan Pangan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta periode Januari-Maret 2024 telah terlaksana dan tersalurkan kepada 387.310 Penerima Bantuan Pangan atau setara dengan 3.873.100 kg beras dengan penyaluran Bantuan Pangan Beras tertinggi terdapat di Kabupaten Gunungkidul.

Kami juga sampaikan apresiasi kepada semua pihak khususnya TNI dan Polri dalam mendukung Satgas Antisipasi Darurat Pangan di DIY dengan kontribusi ikut serta dalam pelaksanaan gerakan tanam di DIY.

Semoga Tuhan Yang maha Kuasa berkenan melimpahkan berkah serta rahmat-Nya, Aamiin.

Sekian, dan terima kasih.

 

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Gunungkidul, 01 Juli 2024

 

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA



HAMENGKU BUWONO X