BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan PELANTIKAN PENGURUS KOMITE OLAHRAGA MASYARAKAT INDONESIA (KORMI) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKART

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Salam sejahtera untuk kita semua.

 

Yang saya hormati:

  • Ketua Umum Komite Olahraga Masyarakat Indonesia Pusat atau yang mewakili;

  • Ketua Umum Komite Olahraga Masyarakat Indonesia DIY beserta jajaran pengurus;

  • Hadirin serta Tamu Undangan sekalian.

 

Puji syukur senantiasa kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kita dapat hadir pada acara Pelantikan Pengurus Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) DIY dalam keadaan sehat wal’afiat.

 

Hadirin sekalian,

 

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan, KORMI kini bertransformasi menjadi Komite Olahraga Masyarakat Indonesia, yang mencerminkan peranannya yang lebih luas dalam mensinergikan antara tugas dan kewenangan dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) serta stakeholder olahraga lainnya.

 

KORMI memegang peranan penting dalam mengajak masyarakat untuk gemar berolahraga, mulai dari olahraga kesehatan, kebugaran, hingga olahraga tradisional dan petualangan. Ini adalah langkah strategis untuk menciptakan masyarakat yang sehat, bugar, gembira, dan berkualitas.

 

Sejak 2016, pemerintah telah mencanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang menjadi salah satu agenda penting pemerintah dalam upaya mewujudkan masyarakat yang sehat dan bugar. GERMAS akan berhasil jika ada peran kontribusi seluruh pihak terkait termasuk KORMI.

 

Saya berharap, para pengurus KORMI DIY yang dilantik hari ini dapat membuktikan komitmennya untuk membudayakan olahraga masyarakat dan  membangun hubungan sosial. KORMI DIY harus mengambil peran membantu pemerintah dalam menentukan arah kebijakan terkait pengelolaan, pembinaan dan pengembangan olahraga masyarakat di Indonesia.

 

Akhir kata, saya mengucapkan selamat atas dilantiknya para Pengurus KORMI DIY Masa Bakti 2024-2028.  Semoga dengan kepengurusan yang baru, KORMI semakin berkontribusi besar dalam promosi, pengembangan, dan peningkatan olahraga di masyarakat Indonesia.

 

Terima kasih.

 

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Yogyakarta, 06 Juli 2024

 

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X