BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan BANTUL CREATIVE EXPO 2024

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Semoga-lah kedamaian, keberkahan, dan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa menyertai kita semua,

 

Yang saya hormati:

  • Bupati Bantul beserta seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Bantul;

  • Ketua DPRD Kabupaten Bantul beserta jajaran;

  • Para partisipan Bantul Creative Expo 2024 dari berbagai unsur;

  • Seluruh masyarakat Kabupaten Bantul yang berbahagia.

 

Dengan penuh rasa syukur, kita panjatkan puji dan puja ke hadirat Allah SWT, Tuhan Sang Kuasa Cipta, yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga kita dapat “mangayubagya” acara Bantul Creative Expo Tahun 2024 dalam keadaan sehat tanpa kekurangan sesuatu apapun.

Ajang ini bukan sekadar pameran dan transaksi, tetapi sebuah pentas untuk “nguri-uri” semangat dan potensi UMKM di Kabupaten Bantul, agar dapat bersinar terang di pasar regional, nasional, bahkan global. Acara ini sekaligus menjadi oase bagi masyarakat Kabupaten Bantul dan sekitarnya, untuk mendapatkan informasi sekaligus menjadi wahana rekreasi edukasi ekonomi dan budaya.

 

Hadirin yang saya hormati,

Kabupaten Bantul ibarat taman sari yang kaya akan bunga-bunga budaya. Dari kerajinan batik dan kerajinan kulit, hingga seni pertunjukan tradisional seperti wayang kulit dan tarian penuh pesona khas Bantul. Budaya ini bukan hanya cerminan identitas, tetapi juga sumber inspirasi yang tak pernah kering bagi para pelaku UMKM, untuk melahirkan produk-produk kreatif yang sarat dengan nilai tambah.

Potensi UMKM di Bantul laksana permata, yang senantiasa menunggu untuk diukir dan diasah. Berdasarkan data yang ada, berbagai sektor UMKM seperti industri kerajinan, kuliner, dan pariwisata telah memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian daerah.

Industri batik dan kerajinan kulit di Bantul, telah dikenal hingga negeri manca, dan menjadi salah satu andalan ekspor daerah. Prestasi ini menjadi bukti, bahwa dengan torehan kreativitas dan inovasi, produk-produk lokal Bantul mampu berdiri tegak di panggung global, mendukung semangat yang terpancar dalam tema expo, “Kreativitas berkelanjutan menuju kesejahteraan".

Untuk mencapai taraf itu, kita memang tidak boleh terlena dalam kenyamanan, atau bersikap defensif-pasif selayaknya pepatah “adhang-adhang tetesing embun",  mengharapkan keberhasilan namun dengan upaya seadanya. Tantangan globalisasi dan perkembangan teknologi, ibarat ombak besar yang harus kita arungi dengan keteguhan dan semangat inovasi.

Kreativitas yang berkelanjutan adalah kunci untuk mencapai kesejahteraan yang abadi. Dengan terus berinovasi, kita dapat memastikan bahwa produk-produk UMKM Kabupaten Bantul tetap relevan dan diminati pasar. Tentunya, dukungan dari pemerintah dan berbagai pihak menjadi penting, untuk menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan UMKM.

Dengan visi seperti itulah, saya mengucapkan selamat dan sukses kepada Kabupaten Bantul atas terselenggaranya Bantul Creative Expo Tahun 2024. Semoga acara ini dapat menjadi mercusuar kemajuan, membawa manfaat bagi segenap masyarakat Kabupaten Bantul, seiring upaya menginspirasi dan memajukan setiap langkah, menuju masa depan yang gemilang dan sejahtera.

Sekian, terima kasih.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.



Yogyakarta, 8 Juli 2024

 

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA,

 



HAMENGKU BUWONO X