BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

SAMBUTAN PELANTIKAN KOMISARIS UTAMA, DIREKTUR UTAMA, DAN DIREKTUR KEUANGAN DAN UMUM PT. TARU MARTAN

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua,

 

Yang saya hormati:

  • Ketua DPRD DIY;

  • Jajaran Forkopimda DIY;

  • Para Komisaris BUMD DIY;

  • Para Direksi BUMD DIY;

  • Mitra Kerja BUMD DIY;

  • Tamu undangan dan hadirin sekalian, khususnya Komisaris Utama, Direktur Utama, dan Direktur Keuangan dan Umum PT. Taru Martani yang dilantik hari ini.

Hari ini, kita berjumpa untuk sebuah momen penting dan bersejarah. Sebuah momen yang tidak hanya menandai reformasi manajerial PT. Taru Martani, dengan pelantikan Komisaris Utama, Direktur Utama, serta Direktur Keuangan dan Umum,  tetapi juga menandai awal dari sebuah babak baru, yang penuh dengan harapan di masa depan.

Proses seleksi Direksi PT. Taru Martani, yang berakhir dengan pelantikannya pada hari ini, sudah melalui fit and proper test, melalui pencermatan dari aspek-aspek profesionalisme dan kompetensi, serta penjabaran visi-misi ke dalam strategic planning dan langkah-langkah operasional.

Bagaimanapun, kematangan strategic planning menjadi kunci, karena BUMD juga menyandang misi sebagai salah satu Actor of Development, dengan menghasilkan produk unggulan, seiring upaya memberi manfaat bagi Pemda DIY, berupa kontribusi pada Pendapatan Asli Daerah.

 

Hadirin sekalian, khususnya Komisaris Utama dan Jajaran Manajemen PT. Taru Martani,

Investasi terbaik, di PT. Taru Martani yang bisa kita lakukan saat ini, adalah pada implementasi prinsip-prinsip tata kelola berbasis good corporate governance. Good Corporate governance bukanlah sekadar jargon, tetapi perlu diimplementasikan sebagai tindakan terstruktur, sistematis, dan nyata. Apakah PT Taru Martani siap untuk transparan dan akuntabel? Saya yakin, dengan kepemimpinan manajerial yang baru seluruh jajaran PT Taru Martani semua akan menjawab "Ya" dengan penuh keyakinan.

Kepada Komisaris Utama dan jajaran Direksi, saya harapkan segera bergerak untuk me-review dan menyempurnakan rencana strategis, dalam rangka menciptakan keunggulan kompetitif.

Upaya ini, setidaknya dapat dicapai dengan penguatan human capital, meningkatkan tata kelola sumber daya dan infrastrukur, serta pemajuan riset dan pengembangan usaha. Selain upaya-upaya tersebut,  dari sisi operasional juga harus didukung dengan inbound logistic management—strategi penyimpanan bahan mentah, strategi manajemen operasional yang tepat, outbound logistic—penyimpanan barang jadi, penguatan strategi pemasaran dan penjualan, serta pelayanan yang paripurna. Kesemua itu, kemudian diperkuat melalui basis-basis teknologi informasi.

Untuk itu, marilah memupuk semangat, dan mewujudkannya dalam pengabdian terbaik, karena masa depan PT Taru Martani ada di tangan kita semua. Setiap tetes keringat dan sirat semangat, akan menjadi fondasi yang kokoh, untuk “nguri-uri” PT. Taru Martani, seiring spirit yang terpancar dari filosofi “daun sebagai sumber kehidupan”.

 

Saudara-saudara sekalian,

Dengan pesan seperti itulah, saya memberikan bekal bagi jajaran manajerial PT. Taru Martani untuk menjalankan tugasnya. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT, berkenan melimpahkan berkah serta rahmat-Nya, agar Saudara-Saudara semuanya dapat mewujudkan good corporate governance PT. Taru Martani dengan sebaik-baiknya. Untuk itu, Saya ucapkan: “Selamat bekerja dan mengabdi!”

Sekian, terima kasih.

Wassalamu'alaikum wr.wb




Yogyakarta, 9 Juli 2024

 

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA,



HAMENGKU BUWONO X