BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan KONSER KOLABORASI MELBOURNE SYMPHONY ORCHESTRA DAN YOUTH MUSIC CAMP TAHUN 2024

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sejahtera bagi kita semua.



Yang Saya hormati:

 

  • Perwakilan dari Direktorat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI;

  • Bupati/Walikota se-DIY atau yang mewakili;

  • Jajaran Forkopimda DIY;

  • Perwakilan dari Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat;

  • Perwakilan dari Kadipaten Pakualaman;

  • Perwakilan dari Kasunanan Surakarta;

  • Perwakilan dari Puro Mangkunegaran;

  • Koordinator dan seluruh anggota Melbourne Symphony Orchestra;

  • Peserta Youth Music Camp 2024;

  • Hadirin serta Tamu Undangan sekalian.

 

Pada malam yang indah ini, kita berada di komplek Candi Prambanan, sebuah mahakarya dari abad ke-9, yang menjulang sebagai simbol kejayaan peradaban Hindu di Indonesia. Terdaftar sebagai warisan budaya UNESCO sejak 1991, Candi Prambanan bukanlah sekadar bangunan; ia adalah mahakarya yang mencerminkan kejeniusan manusia, dalam mencipta karya arsitektur yang memukau dan abadi.

 

Tak hanya sekadar keajaiban arsitektural, Candi Prambanan adalah saksi bisu yang berbicara tentang toleransi dan penghargaan terhadap perbedaan, ia seakan menjadi metafora hubungan Sister Province antara Daerah Istimewa Yogyakarta dan Melbourne, memperlihatkan bahwa dalam keragaman, ada keindahan yang mengikat kita dalam satu tujuan luhur, yaitu kemanusiaan.



Hadirin sekalian,

 

Setiap momentum konser kolaborasi, menjadi panggung kehormatan dan kebanggaan tersendiri. Sejak tahun 2015, Melbourne Symphony Orchestra, orkestra profesional tertua di Australia yang bergaung hingga mancanegara, telah menjalin kemitraan dengan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tentunya, hal ini bukan sekadar kolaborasi, melainkan sebuah pertemuan dua visi besar melalui pertukaran budaya, berbagi pengetahuan, dan sinergi kreatif.

 

Momentum ini, sekaligus menjadi perwujudan atas keinginan untuk lebih mengenal dan mengapresiasi keunikan budaya satu sama lain. Menjadikan setiap nada sebagai jembatan yang menghubungkan dua dunia, melalui beberapa repertoar seperti “Long Time Living Here” hingga “Anoman Obong”.

 

Di kesempatan yang berbahagia ini pula, dilaksanakan Penandatanganan Pembaharuan Kerjasama Youth Music Camp 2025-2027.  Besar harapan, kerja sama yang telah berjalan dengan baik, menjadi semakin positif dengan menambahkan aktivitas kolaboratif kedua pihak, dalam menyajikan program pertunjukan lintas budaya. Kepada seluruh peserta Youth Music Camp 2024, Saya percaya, bahwa Anda semua mendapatkan banyak manfaat. Tidak hanya keterampilan musikal, tetapi juga inspirasi tentang menjaga dan memperkaya warisan budaya, menjadikannya semakin berarti, sehingga kedepannya dapat memberi dampak nyata bagi masyarakat. Kembangkan semua yang Anda dapatkan, demi mendukung Yogyakarta sebagai ikon wisata budaya di Indonesia dan ranah internasional.

 

Akhir kata, marilah kita nikmati pertunjukan Yogyakarta Royal Orchestra dan meresapi setiap makna, sebagai simbol dan selebrasi dari semangat yang kita bagi. Semoga setiap melodi yang mengalir, dapat mengingatkan kita semua tentang harmoni persaudaraan yang tak tergoyahkan, antara Melbourne dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Sekian, terima kasih.

 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Komplek Siwa Mandala Prambanan, 11 Juli 2024

 

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA



HAMENGKU BUWONO X