BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan UPACARA ADAT PETIK LAUT LABUHAN NELAYAN PANTAI SADENG

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Salam sejahtera untuk kita semua.

 

Yang saya hormati:

  • Bupati Gunungkidul;

  • Jajaran Forkopimda Kabupaten Gunungkidul;

  • Para nelayan yang tergabung dalam Kelompok Nelayan Mino Raharjo; serta

  • Bapak/Ibu dan hadirin sekalian yang saya hormati.

 

Puji syukur senantiasa kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena rahmat-Nya kita dapat hadir pada acara hari ini dalam keadaan sehat wal’afiat.

 

Bapak/Ibu sekalian,

Sesuai visi dan misi Gubernur DIY Tahun 2022 untuk mengembangkan potensi ekonomi, sosial, dan budaya yang berfokus di kawasan Pantai Selatan Jawa, Kabupaten Gunungkidul mendapat perhatian lebih untuk menghidupkan kembali misi kemaritiman.

Fungsi Pantai Sadeng sebagai Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) satu-satunya di DIY, diharapkan mampu mengangkat potensi ekonomi maupun budaya. Hal ini sejalan dengan tema visi misi yang diangkat Gubernur DIY periode 2022-2027, yakni Pancamulia, dimana visi dan misi tersebut masih bermuara ke arah zona Selatan DIY.

Bapak/Ibu sekalian,

Upacara adat petik laut/labuhan Pantai Sadeng hari ini, merupakan salah satu wujud syukur kita atas karunia Tuhan Yang Maha Esa di Pantai Sadeng. Upacara adat ini harus terus dilestarikan sebagai salah satu kekayaan budaya dan kearifan lokal. Labuhan yang rutin dilakukan setiap tahun, juga diharapkan mampu menjadi daya tarik wisata.

Dengan memetik hikmah, bahwa kita telah banyak mendapat berkah dari laut, maka menjadi tanggung jawab kita bersama untuk dapat memelihara kelestarian laut. Sesuai dengan komitmen Pemda DIY, untuk mendukung Rencana Aksi Nasional Penanganan Sampah Laut Tahun 2018-2025, saya mengimbau agar kita bersama-sama menjaga ekosistem di laut, dengan tidak merusak terumbu karang dan membuang sampah di laut.

Dengan pesan dan pemaknaan seperti itulah, saya mengapresiasi acara ini. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melindungi kita semua dan meridhai upaya kita bersama, dalam “nguri-uri samudra”.

Terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Gunungkidul, 12 Juli 2024

 

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X