BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan FORUM MONITORING DAN EVALUASI PELAKSANAAN DAK FISIK BIDANG KELAUTAN DAN PERIKANAN TAHUN ANG

Assalamu’alaikum Wr. Wb.,

Salam sejahtera bagi kita semua,

Shalom,

Om Swastiastu,

Namo Buddhaya,

Salam Kebajikan,

 

Yang saya hormati:

  • Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia beserta seluruh jajarannya;

  • Perwakilan dari Kementerian Keuangan RI, Kementerian Dalam Negeri RI,  dan Bappenas RI;

  • Para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dari seluruh Indonesia;

  • Serta seluruh hadirin yang berbahagia.

 

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas rahmat dan karunia-Nya, kita masih diberi kesempatan untuk berkumpul bersama, dalam acara Forum Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan DAK Fisik bidang Kelautan dan Perikanan, Tahun Anggaran 2024.

Adalah suatu kehormatan, bahwa Yogyakarta dipercaya menjadi ajang agenda penting bidang kelautan dan perikanan. Harapan saya, semoga suasana Yogyakarta kondusif bagi suksesnya pertemuan penting ini. Kami menyambut dengan hangat kehadiran Bapak/Ibu/Saudara sekalian yang telah datang dari berbagai penjuru negeri, untuk bersama-sama berkontribusi, dalam pembangunan sektor kelautan dan perikanan berkelanjutan.

 

Saudara-saudara sekalian,

Potensi kelautan Indonesia sangat besar dan beragam. Dari Sabang hingga Merauke, laut kita menyimpan kekayaan alam yang luar biasa, mulai dari perikanan, pariwisata bahari, hingga energi terbarukan. Dengan implementasi Ekonomi Biru, kita dapat mengelola sumber daya tersebut secara optimal, meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir, serta memperkuat posisi Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Melalui forum ini, kita bersama-sama akan mengkaji kesesuaian kegiatan dengan perencanaan, mengidentifikasi dan mengatasi berbagai masalah dalam pelaksanaan, serta menilai pola kerja dan manajemen yang paling efektif. Dengan demikian, kita dapat memastikan, bahwa setiap program dan kegiatan yang kita jalankan, tidak hanya berjalan sesuai rencana, tetapi juga memberikan dampak nyata, bagi kemajuan sektor kelautan dan perikanan.

Untuk itu, mari bersama-sama membangun optimisme. Dengan komitmen yang kuat dan sinergi berkualitas baik, kita mampu mewujudkan visi Indonesia Emas 2045, sebagai negara maritim yang maju dan berkelanjutan.

Mari kita lanjutkan upaya ini dengan semangat yang tinggi, dan keyakinan bahwa masa depan Indonesia sebagai negara maritim yang tangguh, ada di tangan kita. Bersama-sama, kita bisa menciptakan perubahan yang berarti dan berkelanjutan untuk generasi mendatang.

Demikian yang dapat saya sampaikan sebagai ucapan selamat datang di Yogyakarta. Semoga forum ini dapat terlaksana dengan baik, dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kita semua atas izin Tuhan Sang Kuasa Cipta.

Semoga-lah pula, seluruh peserta masih sempat menghirup suasana Yogyakarta dengan serba kesahajaannya, di tengah-tengah pesona alam, kekayaan khasanah wisata, dan keluhuran budayanya.

Sekian, terima kasih.

 

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.,

Shalom, Om Swastiastu,

Namo Buddhaya.



Yogyakarta, 16 Juli 2024

 

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X