BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home

Program Kotaku Strategi Peningkatan Kota Layak Huni

Konsultan Manajemen Wilayah (KMW) DIY mengadakan sosialisasi dan lokakarya program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU). Acara tersebut diselenggarakan di ruang rapat Ros-in Hotel, pada Selasa (4/10). Ir. Gatot Saptadi selaku Asisten II Sekda DIY membuka acara sekaligus meresmikan program KOTAKU.

KOTAKU merupakan salah satu upaya strategis Direktorat Jendral Cipta Karya Kementerian Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat, dalam upaya melakukan percepatan penanganan perumahan dan pemukiman kumuh.

Dalam sambutan Gubernur DIY yang disampaikan oleh Gatot Saptadi, mengatakan bahwa Satuan Kerja yang ada di Pemerintah Daerah DIY dapat menjalin komunikasi dan berkordinasi dengan baik dan intensif. Hal tersebut bertujuan agar program Kotaku dalam menangani pemukiman kumuh menuju kota layak huni dan berkelanjutan berjalan dengan baik.

Gatot sangat mengapresiasi program Kotaku, harapannya dapat tercipta kondisi lingkungan yang ideal, berkualitas, dan dapat meningkatkan produktivitas masyarakat.

Anton Lami Suhadi Selaku Oversight Service Provider (OSP) Program KOTAKU menyampaikan acara tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan program Kotaku, membangun keterampilan dalam menyusun dan mengembangkan media sosialisasi serta membangun komitmen Pemda sebagai stakeholder dalam melakukan pencapaian program KOTAKU

Program Kotaku dalam hal ini juga mendukung implementasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 dalam mewujudkan? pencapaian 100-0-100 yaitu, 100% akses air minum, 0% kawasan kumuh, dan 100% akses sanitasi layak.

Acara tersebut dihadiri oleh Forkopimda DIY, Bappeda DIY, Setda DIY, BPDB DIY, Pokja PKP Bantul-Sleman, Badan Lingkungan Hidup (BLH) DIY dan Forum BKM DIY.

Bentuk komitmen bersama dengan Pemda DIY dalam mewujudkan Yogyakarta tanpa kumuh dilakukan dengan penandatanganan komitmen bersama oleh Ir. Gatot Saptadi selaku Asisten II Sekda DIY. (ay)