BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home

Revolusi Mental Suatu Keharusan

Yogyakarta (17/06/2015) jogjaprov.go.id ? Dengan diberlakukakannya kebijakan otonomi daerah, maka organisasi kehumasan pada instansi pemerintah daerah yang bertindak sebagai lembaga pelayanan informasi di daerah perlu untuk melakukan pemberdayaan diri agar dapat mensosialisasikan berbagai kebijakan pemerintah kepada stakeholders dan masyarakat secara lebih baik dan benar. Hal itu dilaksanakan dengan mekanisme yang jelas dalam mengatur dan mengelola tata informasi secara baik dan konsisten antar instansi di daerah.

?

Demikian dikemukakan Kepala Biro Umum, Humas dan Protokol Setda DIY Haryanta, SH saat menyampaikan sambutan Sekretaris Daerah DIY pada acara Workshop Kehumasan tadi pagi, Rabu (17/06) di Gedung Unit IX Kepatihan Yogyakarta.

?

Adapun tema yang diangkat pada keguatan tersebut adalah ?Sinergi Kampanye Revolusi Mental Aparatur Sipil Negara?.

?

Dengan mengutip jargon ?Revolusi Mental? pada pidato Presiden Joko Widodo beberapa waktu yang lalu, Sekda DIY mengungkapkan bahwa, Revolusi mental merupakan keharusan, yang berarti warga Indonesia harus mengenal karakter orisinal bangsa sendiri.

?

Bila terjadi kerusakan di nilai kedisplinan misalnya, maka perlu adanya serangan nilai-nilai ke arah itu dengan mengubah pola pikir atau mindset.

?

Jalan untuk revolusi mental adalah seperti lewat pendidikan yang berkualitas dan merata, serta penegakkan hukum yang tanpa pandang bulu. Dengan mengembalikan karakter warga negara ke apa yang menjadi keaslian kita, orisinalitas kita, identitas kita. Dengan komitmen pemerintah yang kuat disertai kesadaran seluruh warga negara, maka Indonesia dapat berubah ke arah yang lebih baik.

?

Berkaitan dengan hal itu maka pada implementasinya akan sangat penting untuk mendapatkan pemahaman bersama mengenai kampanye revolusi mental bagi aparatur sipil negara khususnya di DIY, sehingga akan dapat menumbuhkan komitmen yang kuat untuk dapat melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab.

?

Sementara itu Kepala Bagian Humas, Biro UHP Setda DIY Iswanto, SIP dalam laporanya mengemukakan bahwa, tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah tersosialisasikannya kebijakan pemerintah, utamanya dalam hal upaya membangun Sinergi Kampanye Revolusi Mental Aparatur Sipil Negara sehingga para peserta workshop akan mengerti dan memamahi upaya membangun Revolusi Mental ASN di DIY secara jelas, lengkap dan terinci sehingga akan berimplikasi positif terhadap kinerja pemerintahan dan pembangunan.

?

Kegiatan dilaksanakan sehari diikuti oleh Instansi/SKPD di lingkungan Pemerintah DIY serta media massa lokal.

?

Adapun sebagai nara sumber pada acara tersebut adalah Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Sekretraiat Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Kementrian PAN dan RB RI, Drs. Herman Suryatman, MSi serta Kepala Badan Kepagawaian Daerah DIY, R Agus Supriyanto, SH, Mhum. (teb)

?

?

?

HUMAS DIY

?

?

?