BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home

Ketentraman dan Ketertiban Menjelang Pilkada Serentak

YOGYAKARTA (19/11/2015)? ? Penyelenggaraan pilkada harus bebas dari segala bentuk intimidasi dan paksaan yang melibatkan penyelenggara, kontestan maupun masyarakat pemilih mulai dari pendaftaran pemilih, pelaksanaan kampanye, pemanggilan pemilih sampai penghitungan surat suara dan penetapan hasil. Adanya rekayasa manipulasi dan pelanggaran dalam pemilu harus dihindari gar semangat dan jiwa demokrasi tidak ternodai. Demikian arahan Sekretaris Daerah Istimewa Yogyakarta, Drs. Ichsanuri di Grage Hotel dalam Rapat Fasilitasi Koordinasi Daerah Dalam Mewujudkan Ketentraman dan Ketertiban Menjelang Pilkada Serentak Tahun 2015 di DIY, Kamis (19/11).

?

Jumlah total 269 daerah akan mengikuti Pilkada serentak tahap pertama di tanggal 9 Desember ini, merupakan 52,2 persen dari jumlah daerah Provinsi dan Kabupaten/kota di Indonesia.

?

Menurutnya, pilkada yang didasarkan pada UU No. 8 tahun 2015 memiliki beberpa keunggulan diantaranya adalah terciptanya sinergi perencanaan pembangunan antara pusat dan daerah, rakyat tidak perlu berulangkali untuk melaksanakan Pilkada, serta efisiensi biaya dan waktu.

?

Dalam kesempatan tersebut Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda DIY, Drs. Beny Suharsono, MSi mengatakan bahwa tujuan diselenggarakan rakor tersebut adalah terdesiminasinya peraturan dan kebijakan terkait penyelenggaraan pilkada serentak tahun 2015 di DIY. Selain itu terjalinnya koordinasi pusat dan daerah dalam kesiapan penyelenggaraan Pilkada serta harmonisasi, sinkronisasi dan keterpaduan cipta kondisi keamanan dan ketertiban menjelang Pilkada serentak. Ditambahkannya pula bahwa kegiatan ini juga dipergunakan untuk menyusun rekomendasi kebijakan daerah dalam upaya kesuksesan dan kelancaran penyelenggaraan pilkada secara jujur, adil, transparan serta aman, tentram dan tertib disamping sebagai bahan pertemuan dalam Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkorpimda DIY).

?

Sebagai nara sumber dalam kesempatan tersebut Kasubdit Wilayah I Direktur Fasilitasi Kepala Daerah dan DPRD Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri, Drs. Andi Bataralifu, Msi., AKBP Kaswanto, SPd dari Polda DIY, Kolonel Helmi dari Korem 072 Pamungkas.

?

Selain itu dihadirkan pula KPU DIY, Bawaslu DIY serta dari Bakeslinmas DIY pada kesempatan yang sama. (te*)