BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita Gubernur DIY Keluarkan Enam Instruksi tentang Abu Kelud

Gubernur DIY Keluarkan Enam Instruksi tentang Abu Kelud

Yogyakarta - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengeluarkan instruksi untuk melakukan gotong royong membersihkan lingkungan sekitar. Ada juga instruksi soal cara-cara membersihkan abu di atap rumah agar tidak menimbulkan korban.



Instruksi Gubernur DIY tersebut disampaikan langsung melalui siaran RRI Yogyakarta Pro ? 1 pukul 11.20 WIB, Minggu (16/2/2014). Adapun instruksi yang dibacakan oleh Sultan sebagai berikut:

  1. Siswa TK dan SD untuk hari Senin dan Selasa 17 dan 18 Februari 2014, belajar di rumah. Aktif kembali pada hari Rabu 19 Februari 2014.
  2. Siswa SMP dan SMA sederajat untuk hari Senin dan Selasa 17 dan 18 Februari 2014, masuk sekolah untuk bersama-sama membersihkan ruang kelas sehingga belum ada aktifitas belajar mengajar.
  3. Instansi serta SKPD menyesuaikan.
  4. arga DIY secara gotong royong membersihkan lingkungan masing-masing dan abu yang dibersihkan dikumpulkan dalam kantong plastik/karung dan dibuang pada tempat yang ditentukan (hasil koordinasi antara RT/RW/Kelurahan/Kecamatan dengan BPBD DIY) dan kantung yang berisi abu vulkanik dapat di taruh di lapangan parkir sebelah barat kantor BPBD DIY, Jl. Kenari 14 A Yogyakarta.
  5. Sumur warga yang terbuka, airnya dilarang digunakan untuk konsumsi sebelum dilakukan sterilisasi
  6. Atap yang dibersihkan abu vulkaniknya cukup dengan disemprot air dari bawah atau dengan tangga. Atap jangan di injak.


Semoga segera diturunkan hujan oleh Allah Yang Maha Kasih.

Gubernur DIY - Sri Sultan Hamengku Buwono X

Sultan sendiri di kantor Gubernur DIY telah memimpin rapat koordinasi terbatas dengan instansi terkait serta bupati/walikota se-DIY di Gedung Wilis Komplek Kepatihan Yogyakarta.

?

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY