BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home

GUBERNUR DIY MEMBUKA RAKERDA KKB DIY 2014

YOGYAKARTA (06/03/2014) portal.jogjaprov.go.id - Rakerda Kependudukan Keluarga Berencana (KKB) dan Pembangunan Keluarga DIY, diselenggarakan hari Kamis (06/03), bertempat di Borobudur Hall, Hotel Inna Garuda Yogyakarta.

Tema dari rakerda tahun ini adalah ? Pelaksanaan Program KKB dan Pembangunan Keluarga tahun 2014 Menuju Pencapaian RPJMN (2010-2014) dan MDGs 2015.

Kepala Perwakilan BKKBN DIY Dra. Tjondrorini, M.Kes. mengatakan, ?Rakerda ini merupakan bagian dari siklus manajemen Program KKB dan Pembangunan Keluarga dalam rangka pemantapan komitmen untuk menentukan strategi program kerja setahun kedepan.

Ditambahkan oleh Tjondrorini, bahwa pencapaian peserta KB Baru di DIY sebanyak 60.011 peserta atau 104,54% dari 57.404 sasaran yang telah ditetapkan. ?Sampai dengan akhir Desember 2013, dan telah berhasil dibina sejumlah 445.006 peserta sebagai peserta KB aktif.?.

Kepala BKKBN Pusat dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Deputi Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN mengatakan bahwa tahun 2014 merupakan tahun terakhir pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2010-2014 serta menuju berakhirnya Millenium Development Goals (MDGs) 2015.

?Oleh sebab itu Program KKBPK harus mendapat perhatian khusus dari seluruh Pemerintah Daerah baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota.? tandas beliau.

Hadir dalam pembukaan Rakerda KKB dan Pembangunan Keluarga DIY antara lain Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Deputi Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN Pusat, Kepala Perwakilan BKKBN DIY, Danrem 072/Pamungkas, Kepala BPJS Pusat, Wakil Rektor UGM Bidang Pengabdian Masyarakat, serta beberapa pejabat Eksekutif, Legislatif, dan Yudikatif di DIY.

Dalam arahannya Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan bahwa, BKKBN harus melakukan penajaman-penajaman strategi penggarapan program PKKB, yang antara lain adalah mengembalikan sosialisasi pembangunan berwawasan kependudukan, meningkatkan kesadaran untuk ikut serta ber-KB, guna menggairahkan kembali slogan ? 2 anak cukup ?.

Rakerda KKB dan Pembangunan Keluarga DIY resmi dibuka oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X didampingi oleh Kepala Perwakilan BKKBN DIY serta Deputi Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN, yang ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 2 kali oleh Gubernur DIY.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari para narasumber yang berasal dari kalangan Akademis, Staf Ahli Kemendagri R.I., Dinas Kesehatan serta dari BPPM DIY.