BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita Kunjungan Kementerian PANRB di Biro UHP Setda DIY
Total kunjungan: 90

Kunjungan Kementerian PANRB di Biro UHP Setda DIY

Yogyakarta (28/05/2021) biroumum.jogjaprov.go.id – Kepala Bagian Administrasi Biro Umum Humas dan Protokol (UHP) Setda DIY, RA. Prawitaningrum Dwi Lokecwari menerima kunjungan silahturahmi dari Kepala Bagian Persuratan, Kearsipan, dan Perpustakaan Kementerian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Sri Rahayu Tjandra Dewi beserta jajarannya pada Jumat (28/05) di Ruang Rapat Kepala Biro UHP Setda DIY. Kunjungan kali ini juga bertujuan untuk menggalih banyak informasi mengenai manajemen persuratan secara digital yang diterapkan oleh Pemda DIY.

“Kunjungan kali ini menjadi kesempatan bagi kami untuk terus mengevaluasi dalam manajemen persuratan secara digital seperti yang telah diterapkan oleh Pemda DIY. Selain itu, kamu turut mendapatkan banyak inspirasi yang akan diterapkan pada PANRB nantinya,” ujar Kepala Bagian Persuratan, Kearsipan, dan Perpustakaan PANRB, Sri Rahayu Tjandra Dewi yang ditemui usai kunjungan.

Menurut Sri Rahayu, aplikasi Sisminkada milik Pemda DIY dapat dijadikan contoh bagi instansi pemerintahan yang belum memaksimalkan pengelolaan surat secara digital. Pengelolaan surat secara digital pun sangat membantu bagi seluruh pihak yang terlibat ketika mempunyai kepentingan dengan pihak instansi terkait.

“Kami sangat mengapresiasi manajemen persuratan Pemda DIY melalui aplikasi Sisminkada karena sangat efektif dan efisien. Salah satunya, sistem pengiriman surat hanya dengan berbekal barcode yang ada kita dapat mengecek secara berkala mengenai surat yang dikirimkan. Ini patut dicontoh ke depannya oleh kami,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Administrasi Biro Umum Humas dan Protokol (UHP) Setda DIY, RA. Prawitaningrum Dwi Lokecwari mengatakan, pertemuan kali ini cukup bagus karena kedua belah pihak sama-sama mendapatkan ilmu baru yang dapat diterapkan dimasing-masing instansi ke depannya.

“Pengelolaan tata naskah dinas digital yang telah dilakukan oleh PANRB, dapat kita terapkan nantinya sesuai dengan rencana Pemda DIY yang akan menerapkan hal serupa di tahun 2022,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Kepala Bagian Administrasi Biro UHP Setda DIY merekomendasi bagi instansi yang akan melaksanakan kunjungan dengan tujuan yang serupa lebih baik dilaksanakan secara daring melalui video conference, demi kebaikan bersama di kala pandemi.

 

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY

Dokumentasi

Online User

Design templateOnline User