BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita DWP dan Karyawan Ditjen Penataan Ruang Kemen PU-ESDM Tanam dan bagikan 2000 Pohon Penghijauan

DWP dan Karyawan Ditjen Penataan Ruang Kemen PU-ESDM Tanam dan bagikan 2000 Pohon Penghijauan

YOGYAKARTA (4/04/2014)jogjaprov.go.id. ? Atas kepedulian dan Kecintaannya terhadap Daerah Istimewa Yogyakarta hari ini (Jum?at,4/4) bertempat di Taman Edukasi Gajah Wong (Gajah Wong Educational Park) Kampung Gambiran, Umbulharjo, Kota Yogyakarta Dharma Wanita Persatuan dan Karyawan Direktorat Jendral Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum ,Perumahan dan ESDM melakukan Bhakti Sosial Pembagian 2000 pohon buah-buahan serta Penanaman Pohon Penghijauan di lingkungan Taman tersebut.

Sementara itu Kepala Bapeda Kota Yogyakarta Edi Muhammad dalam sambutannya menyatakan bahwa masalah perkotaan menghadapi permasalahan yang pelik, di mana perkembangan perkotaan membawa konsekuensi negative terhadap beberapa aspek kehidupan termasuk aspek lingkungan.

Menurut? Edi Muhammad Kota seharusnya masih banyak? ruang terbuka hijau, tetapi dengan perkembangan pertumbuhan yang cepat , ruang terbuka hijau itu cenderung mengalami penyusutan dan konversi guna lahan menjadi kawasan terbangun. Hal ini masih dipoerburuk dengan lemahnya penegakan hukum dan kesadaran dari masyarakat terhadap aspek pembuatan ruang terbuka hijau dalam ruang kota.


Oleh karena itu kegiatan penanaman pohon penghijauan ini sangat mendukung terwujudnya ruang terbuka hijau? khususnya di Kota Yogyakarta, yang mana kegiatan ini ? terlaksana atas kerja sama Dharma wanita Persatuan dengan Direktorat Jendral Penataan Ruang Kemen PU Perumahan dan ESDM RI dengan Pemda? DIY serta Kota Yogyakarta.


Program kegiatan Peningkatan Kualitas Ruang yang diselenggarakan di Yogyakarta dengan menanaman 2000 pohon.? Menurut Ariyasti Ulfa dari PT.Wijaya Karya (WIKA) sebagai Coporate Social Responsibility (CSR) ? kegiatan ini ? sebagai wujud dan bentuk kepedulian terhadap masyarakat khususnya pada Taman Edukasi Gajah Wong (Gajah Wong Educational Park). Kampung Gambiran, Umbulharjo, Kota Yogyakarta dalam menjalankan program Wika menitik beratkan pada 4 hal yaitu bidang pendidikan, bidang Kesehatan, bidang kelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat (community development).


Dengan mengusung tajuk? Jadikan Bumi Tersenyum ? lanjut Ariyasti Ulfa ke 4 hal tersebut akan dapat ikut mensejahterakan masyarakat.


Sekretaris Sekretariat Dirjen Penataan Ruang Kemen PU,Perumahan dan ESDM Dra. Lina Marlia, CES mengatakan bahwa Yogyakarta dipilih sebagai lokasi penanaman 2000 pohon., karena Yogyakarta sebagai pusat pemerintahan yang memiliki sejarah panjang bagi bangsa Indonesia dan dicintai bangsa-bangsa di luar negeri.


Disamping itu dengan tingkat kepadatatan penduduk sepadan dengan? kota metropolitan, sehingga dibutuhkan kenyamanan udaranya segar dan membutuhkan ruang terbuka hijau, dilihat dari? kepadatan penduduk sudah mencapai 15000 jiwa /km persegi. Mengingat kepadatan tersebut ? maka kebutuhan ruang tebuka hijau,? tandas Lina Malia

Lebih lanjut Lina Marlia mengatakan bahwa dalam Undah-undang RTRW tersebut ditegaskan bahwa ruang proivot itu 20 persen,ruang public tersebut 30 persen. Sedangkan saat ini ruang public sudah mendekatai angka 30 persen .


Penanaman dan penyerahan pohon buah-buahan secara simbolis masing-masing diserahkan oleh Kepala Dinas PU Perumahan dan ESDM DIY? Ir.Hj.Rani Syamsinarsi.MT dan Sekretaris Sekretariat Direktorat Penataan Ruang Kemen PU Perumahan dan ESDM Lina Malia untuk kawasan gajah Wong, Code dan kawasan Huntap Merapi dan dilanjutkan dengan penanaman pohon oleh para pejabat di Taman Edukasi Gajah Wong. (Kar/skm ).

?

HUMAS DIY

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY