BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

DEKLARASI DESA PEMAJUAN KEBUDAYAAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI (DESA PINTAR)

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sambutan


DEKLARASI

DESA PEMAJUAN KEBUDAYAAN BERBASIS

TEKNOLOGI INFORMASI (DESA PINTAR)


Yogyakarta,? 28 Oktober 2020


----------------------------------------------------------------------

?


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam Damai Sejahtera Bagi Kita Semua,


Yang Saya hormati:

?

  • Bupati Sleman, drs. Sri Purnomo, M.Si.;
  • Kepala Desa Tamanmartani, Kapanewon Kalasan beserta jajarannya;
  • Warga masyarakat Kalurahan Tamanmartani.


Pertama-tama? marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan karunia-Nya, Kita dapat hadir dalam acara Deklarasi Desa Pemajuan Kebudayaan Berbasis Teknologi Informasi (Desa Pintar) dalam kondisi sehat dan sentosa. Mari tetap berdisiplin menjalankan protokol kesehatan demi keselamatan kita bersama, di pandemi Covid-19 dan Adaptasi Kenormalan Baru ini.



Hadirin Sekalian yang Saya Hormati,


Deklarasi Desa Pemajuan Kebudayaan Berbasis Teknologi Informasi (Desa Pintar) laksana setitik asa dalam situasi pandemi Covid-19 dan berbagai disrupsi yang terjadi dalam berbagai sektor kehidupan. Desa sebagai entitas pemerintahan terkecil di negara ini juga terdampak oleh situasi disruptif global. Begitu banyak tantangan yang dihadapi oleh desa pada masa-masa sulit seperti ini.


Perlu kita syukuri bersama, bahwa Desa Tamanmartani memiliki semangat gumregah, selaras dengan spirit Renaisans Daerah Istimewa Yogyakarta dan Spirit of Culture Kabupaten Sleman, dimana spirit budaya ini akan didinamisasi dengan kemajuan teknologi.

Dalam Sapa Aruh Sewindu Undang-Undang Keistimewaan DIY, saya menyampaikan bahwa Desa Adalah Basis Keistimewaan DIY. Saya juga mengapresiasi eksistensi desa dengan berbagai modelnya, sehingga menjadi kuat, maju, mandiri, kredibel, dan demokratis. Misalnya ada Desa Budaya, Desa Wisata, Desa Mandiri Energi, Desa Mandiri Pangan dan sebagainya. Kondisi ini bisa menjadi landasan dalam pelaksanaan tata kelola Desa yang transparan dan akuntabel, modal awal menuju tatanan masyarakat baru. Dan pada hari ini, telah lahir Desa Pintardi Desa Tamanmartani, sehingga menegaskan cita-cita luhur Kabupaten Sleman, from smart village to smart regency.


Hadirin sekalian,


Saya mewakili Pemerintah Daerah DIY mengucapkan selamat dan sukses atas Peresmian Desa Pintar Tamanmartani pada hari ini. Desa Pintar ini merupakan hasil dari proses yang dimulai dari kepedulian, kemudian terkonversi menjadi partisipasi aktif, rumangsa melu andarbeni, tumandang melu angrukubi aparat pemerintahan dan masyarakat.


Semoga kedepan Desa Pintar ini dapat menjadi garda terdepan dalam pemberdayaan masyarakat, menjadi simpul kerja bersama lintas sektor berbagai komponen di desa. Lembaga Permusyawaratan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, Karang Taruna, Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT) akan menjadi lokomotif dalam mewujudkan masyarakat pintar, melek teknologi, namun tetap berkarakter Indonesia dan tetap berbudaya. Tentu perlu dipikirkan pula pengembangan komponen penyangga desa pintar, seperti perpustakaan desa, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, Posyandu dan lain-lain.



Hadirin sekalian yang berbahagia,


Demikian yang dapat saya sampaikan di kesempatan yang baik ini. Sekali lagi saya mengucapkan selamat dan sukses atas launching Desa Pintar Tamanmartani. Lanjutkan inovasi desa, demi tercapainya Tamanmartani yang gemah ripah loh jinawi, tata tentrem karta raharja.


Terima kasih.


Wassalamu?alaikum Wr. Wb.


Yogyakarta,?28 Oktober 2020


GUBERNUR

DAERAH? ISTIMEWA YOGYAKARTA,




HAMENGKU BUWONO X