BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

PESONA INDONESIA EXPO ANJUNGAN NUSANTARA DAN KURASI PRODUK UMKM

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sambutan


PESONA INDONESIA EXPO ANJUNGAN NUSANTARA DAN KURASI PRODUK UMKM


Yogyakarta, 3 November 2020


-----------------------------------------------------------------------

?


Assalamu?alaikum Wr. Wb.,

Salam sejahtera bagi kita semua.


Segenap Hadirin serta Tamu Undangan yang Saya hormati,


Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada hari ini kita masih diberi kesempatan untuk hadir pada acara pembukaan Pesona Indonesia Expo Anjungan Nusantara dan Kurasi Produk UMKM dalam keadaan sehat wal?afiat.

?


Hadirin sekalian,


Pandemi Covid-19 di Indonesia secara nyata berdampak? pada sektor ekonomi, yang pada akhirnya mempengaruhi kondisi perekonomian negara. Wabah ini menimbulkan setidaknya tiga dampak terhadap perekonomian baik secara internasional, nasional dan daerah. Pertama, penurunan pertumbuhan ekonomi, kedua, peningkatan angka pengangguran, dan ketiga, peningkatan angka kemiskinan.


Kita menghadapi ancaman perlambatan ekonomi pada 2020 dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi hingga minus 0,4 persen; kenaikan penduduk miskin hingga 4,8 juta keluarga; dan kenaikan pengangguran hingga 5,23 juta jiwa. Kontraksi yang mendorong perlambatan perekonomian dampak Covid-19 menekan sektor produksi, ekspor, pariwisata, pendidikan, konsumsi rumah tangga dan sebagainya.


Dibutuhkan sinergitas antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, perbankan, dan swasta untuk meningkatkan ekonomi lokal dalam upaya pemulihan perekonomian akibat pandemi Covid-19. Program-program ekonomi nasional dan daerah yang implementatif dan dapat menggerakkan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan diharapkan mampu mengurangi perlambatan ekonomi dan dapat berubah menuju ke arah pertumbuhan yang positif.


Pemulihan ekonomi dapat dimulai dari pemulihan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang banyak dimiliki oleh wirausaha. Memulihkan UMKM adalah kunci memulihkan sektor riil. UMKM menyerap hingga 89,2 persen dari total tenaga kerja, menyediakan hingga 99 persen dari total lapangan kerja, menyumbang 60,34 persen dari total PDB nasional. Selain itu, UMKM menyumbang 14,17 persen dari total ekspor dan 58,18 persen dari total investasi. Memulihkan kembali sektor UMKM juga berimplikasi pada sektor penguatan daya beli rumah tangga.


Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta memberikan dukungan sepenuhnya kegiatan Pesona Indonesia Expo Anjungan Nusantara dan Kurasi Produk UMKM kali ini. Kami juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Anjungan Nusantara Indonesia, Aerofood ACS Garuda Indonesia, Pelita MICE, dan Lippo Plaza Jogja atas terselenggaranya kegiatan ini.


Besar harapan dengan kegiatan ini dapat menjadi stimulus perekonomian melalui UMKM dengan tujuan utama melindungi, mempertahankan dan meningkatkan kemampuan ekonomi mereka. UMKM dapat menunjukkan diri dan berkreasi lebih dari biasanya untuk menapak lebih tinggi, serta bila memungkinkan dapat menarik minat stakeholder untuk dapat bekerjasama.


Akhir kata, dengan disertai rasa syukur memohon ridho-Nya dan mengucap Bismillahirrahmanirahim, Pesona Indonesia Expo Anjungan Nusantara Dan Kurasi Produk UMKM, Saya nyatakan dibuka secara resmi. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa berkenan meridhoi setiap langkah dan upaya kita semua. Amien.


Sekian dan terima kasih.


Wassalamu?alaikum Wr. Wb.


Yogyakarta, 3 November 2020


GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X