BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

PEMBUKAAN PEKAN INOVASI DAN TEKNOLOGI VIRTUAL

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sambutan


PEMBUKAAN

PEKAN INOVASI DAN TEKNOLOGI VIRTUAL

?innoxjogja 2020?


Yogyakarta, 5 November 2020


-----------------------------------------------------------------------

?


Assalamu?alaikum Wr. Wb.,

Salam sejahtera bagi kita semua.


  • Yang kami hormati, Perwakilan dari Block71 Yogyakarta;
  • Yang kami hormati, Perwakilan dari National University of Singapore Enterprise;
  • Yang kami hormati, Perwakilan dari Salim Group;
  • Para Peserta Pekan Inovasi dan Teknologi Virtual ?innoxjogja 2020? yang Saya banggakan.


Puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada hari ini kita masih diberi kesempatan untuk hadir dan berkumpul pada acara pembukaan Pekan Inovasi dan Teknologi Virtual ?innoxjogja 2020? dalam keadaan sehat wal?afiat.


Hadirin sekalian yang Saya hormati,


Pandemi Covid-19 membuat pola kehidupan masyarakat berubah termasuk dalam hal kebutuhan kepada teknologi. Semenjak ada pandemi semakin banyak teknologi baru yang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Kemudian juga akan semakin banyak automasi baru karena banyaknya pembatasan sosial dan fisik yang diterapkan.


Teknologi dan revolusi industri 4.0 telah berjalan dan akan terus tumbuh lebih cepat. Pandemi Covid-19 telah memacu dan memaksa perkembangan teknologi informasi menjadi lebih cepat. Hal tersebut dikarenakan selama pandemi Covid-19, teknologi telah hadir sebagai solusi dan memberikan efisiensi. Fase New Normal dalam kehidupan sehari-hari juga meningkatkan ketergantungan terhadap teknologi dan selaras dengan revolusi industri 4.0.


Revolusi industri 4.0 membuka peluang yang luas bagi siapapun untuk maju. Teknologi informasi yang semakin mudah terakses hingga ke seluruh pelosok menyebabkan semua orang dapat terhubung didalam sebuah jejaring sosial. Banjir informasi menjadi realitas yang ditemukan di era revolusi industri saat ini. Informasi yang sangat melimpah ini menyediakan manfaat yang besar untuk pengembangan ilmu pengetahuan maupun perekonomian.


Revolusi industri 4.0 tidak hanya menyediakan peluang, tetapi juga tantangan bagi generasi milineal. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai pemicu revolusi indutri juga diikuti dengan implikasi lain seperti pengangguran, kompetisi manusia versus mesin, dan tuntutan kompetensi yang semakin tinggi.


Adanya revolusi industri 4.0 memerlukan perubahan mental dan sikap dari kita untuk mengikuti alur zaman yang sudah menggunakan teknologi digital. Untuk itu, kita harus membekali diri dengan pengetahuan dan pengalaman agar bisa mengikuti dan memanfaatkan perkembangan informasi maupun teknologi terkini jika tidak ingin tertinggal.


Hadirin sekalian,


Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta menyambut baik dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Block71 Yogyakarta yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Besar harapan dengan diadakannya kegiatan ini para pelaku teknologi informasi akan mendapatkan kesempatan untuk berkembang, bersinergi dalam mendapatkan pasar baru bahkan transfer pengetahuan mengenai teknologi informasi. Era digital ditengah pandemi Covid-19 seperti saat ini tidak hanya menjadi solusi dalam perkembangan teknologi, namun harus juga menjadi inovasi yang adaptif serta kreatif dalam menghadapai tantangan.


Akhir kata, dengan disertai rasa syukur memohon ridho-Nya dan mengucap Bismillaahirrahmaanirrahiim, Pekan Inovasi dan Teknologi Virtual ?innoxjogja 2020?, Saya nyatakan dibuka secara resmi. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa berkenan meridhoi setiap langkah dan upaya kita semua. Amien.


Sekian dan terima kasih.


Wassalammu?alaikum Wr. Wb.


Yogyakarta, 5 November 2020


GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X