BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

APEL VIRTUAL SIAGA COVID-19 DALAM RANGKA PERINGATAN HARI KESEHATAN NASIONAL KE-56 TAHUN 2020

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sambutan


APEL VIRTUAL SIAGA COVID-19

DALAM RANGKA PERINGATAN

HARI KESEHATAN NASIONAL KE-56 TAHUN 2020


Yogyakarta, 12 November 2020


-----------------------------------------------------------------------

?


Assalamu?alaikum Wr. Wb.,

Salam sejahtera bagi kita semua.


Yang Saya hormati,

?

  • Forum Komunikasi Pimpinan Daerah;
  • Para Pimpinan Daerah;
  • Para Pimpinan Lembaga/Instansi Vertikal;
  • Pimpinan Perguruan Tinggi se-DIY;
  • Para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah;
  • Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan;
  • Pimpinan Fasilitas Pelayanan Kesehatan beserta Para Tenaga Kesehatan;
  • Ketua Organisasi Masyarakat, Organisasi Profesi, Dunia Usaha;
  • Para Lurah se-DIY dan para tamu undangan yang tidak bisa Saya sebutkan satu per-satu.


Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT karena hanya atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, kita masih diberi kesempatan dalam keadaan sehat wal?afiat untuk mengikuti Apel Virtual Siaga Covid-19 dalam rangka Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-56.


Hadirin sekalian yang Saya hormati,


Hari ini kita memperingati Hari Kesehatan Nasional ditengah bencana pandemi covid-19 dan perkembangan situasi Gunung Merapi terkini. Tema Hari Kesehatan Nasional ke-56 adalah ?Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat" dengan subtema "Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19?.


Tema dan sub tema ini menjadi seruan kepada seluruh komponen masyarakat untuk terus berjuang keras menyelamatkan bangsa dimasa pandemi covid-19. peringatan Hari Kesehatan ini menjadi momentum bersama untuk mengingatkan tentang pentingnya kesehatan Ibu/Bapak yang Saya hormati.


Hari ini genap 8 (delapan) bulan masa-sama sulit pandemi covid-19 kita lalui di Daerah Istimewa Yogyakarta. Begitu panjang waktu yang telah dilalui dan begitu banyak dampak yang telah kita rasakan. Saat ini di seluruh Dunia tengah berjuang untuk dapat segera menemukan vaksin covid-19. Kita bersama berdoa agar vaksin dapat segera ditemukan dan diberikan kepada seluruh masyarakat. Kita berdoa agar bangsa ini dapat segera keluar dari pandemi.


Saya mengingatkan bahwa selama hal tersebut belum terjadi, yang dibutuhkan saat ini adalah kesiagaan kita dalam menghadapi pandemi dengan berbagai dampak negatifnya. Saya yakin bahwa masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki kekuatan yang tangguh dalam mengatasi permasalahan.


Hadirin sekalian,


Pada kesempatan Apel Virtual Siaga Covid-19 ini, Saya selaku Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta meminta kepada seluruh jajaran tenaga kesehatan, jajaran pemerintah daerah dan seluruh lapisan masyarakat untuk:


  1. Menyatukan tekad dalam kesiagaan menghadapi pandemi covid-19;
  2. Meningkatkan disiplin diri, keluarga dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan;
  3. Memperkuat jejaring kerjasama pentahelic dalam membangun masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta yang produktif dan aman dari covid-19.


Dalam kesempatan ini, Saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap jajaran kesehatan, lintas sektor, serta seluruh komponen masyarakat yang telah bahu-membahu berjuang tanpa mengenal lelah pada semua lini dalam penanganan pandemi dan dampak pandemi di Daerah Istimewa Yogyakarta.


Akhir kata, Saya mengucapkan selamat memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-56, Selamat berjuang untuk mewujudkan ?Masyarakat Sehat, Yogyakarta Kuat?.


Mari terapkan 4M yaitu Menggunakan Masker, Mencuci Tangan dengan sabun, Menjaga Jarak, dan Menghindari Kerumunan. Mari berjuang bersama untuk wujudkan seluruh wilayah Derah Istimewa Yogyakarta menjadi zona hijau, terbebas dari ancaman covid-19.


Sekian dan terima kasih.


Wassalammu?alaikum Wr. Wb.



Yogyakarta, 12 November 2020


GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X