BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

MIGRAN DAY TAHUN 2020

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sambutan


MIGRAN DAY TAHUN 2020


Yogyakarta, 13 November 2020


-----------------------------------------------------------------------

?


Assalamu?alaikum Wr. Wb.,

Salam sejahtera bagi kita semua.


Yang Saya hormati,

?

  • Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia Pusa;
  • Kepala Unit Pelaksana Teknis Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia Yogyakarta;
  • Jajaran Pejabat Struktural dan Fungsional Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia;
  • Keluarga Besar Purna Pekerja Migran Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta;
  • Segenap Hadirin serta Tamu Undangan yang berbahagia.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT karena hanya atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, kita masih diberi kesempatan dalam keadaan sehat wal?afiat untuk mengikuti peringatan Migran Day Tahun 2020.


Hadirin sekalian yang Saya hormati,


Pandemi Covid-19 di Indonesia secara nyata berdampak? pada sektor ekonomi, yang pada akhirnya mempengaruhi kondisi perekonomian negara. Kita menghadapi ancaman perlambatan ekonomi pada 2020 dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi hingga minus 0,4 persen; kenaikan penduduk miskin hingga 4,8 juta keluarga; dan kenaikan pengangguran hingga 5,23 juta jiwa. Kontraksi yang mendorong perlambatan perekonomian dampak Covid-19 menekan sektor produksi, ekspor, pariwisata, pendidikan, konsumsi rumah tangga dan sebagainya.


Dibutuhkan sinergitas antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, perbankan, dan swasta untuk meningkatkan ekonomi lokal dalam upaya pemulihan perekonomian akibat pandemi Covid-19. Program-program ekonomi nasional dan daerah yang implementatif dan dapat menggerakkan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan diharapkan mampu mengurangi perlambatan ekonomi dan dapat berubah menuju ke arah pertumbuhan yang positif.


Pemulihan ekonomi dapat dimulai dari pemulihan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang banyak dimiliki oleh wirausaha. Memulihkan UMKM adalah kunci memulihkan sektor riil. UMKM menyerap hingga 89,2 persen dari total tenaga kerja, menyediakan hingga 99 persen dari total lapangan kerja, menyumbang 60,34 persen dari total PDB nasional. Selain itu, UMKM menyumbang 14,17 persen dari total ekspor dan 58,18 persen dari total investasi. Memulihkan kembali sektor UMKM juga berimplikasi pada sektor penguatan daya beli rumah tangga.


Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta memberikan apresiasi setinggi-tingginya dan dukungan sepenuhnya Purna Pekerja Migran Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta yang telah membuat aplikasi belanja daring ?Tuqu?. Besar harapan dengan adanya aplikasi ini dapat membantu UMKM di Yogyakarta mengembangkan dan memasarkan usaha secara lebih luas.


Selain itu, dengan memajukan UMKM secara digital juga dapat menjadi stimulus perekonomian dengan tujuan utama melindungi, mempertahankan dan meningkatkan kemampuan mereka. UMKM dapat menunjukkan diri dan berkreasi lebih dari biasanya untuk menapak lebih tinggi, serta bila memungkinkan dapat menarik minat stakeholder skala nasional untuk dapat bekerjasama.


Demikian yang dapat Saya sampaikan. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa berkenan meridhoi setiap langkah dan upaya kita semua. Amien.


Sekian dan terima kasih.


Wassalammu?alaikum Wr. Wb.


Yogyakarta, 13 November 2020


GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X