BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

PENUTUPAN PAGELARAN KAPITU (PAMERAN DAN GELARAN) ?ZENEMIC: Z GENERATION NANDUR?

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sambutan


PENUTUPAN

PAGELARAN KAPITU

(PAMERAN DAN GELARAN)

?ZENEMIC: Z GENERATION NANDUR?


Yogyakarta, 14 November 2020


-----------------------------------------------------------------------

?


Assalamu?alaikum Wr. Wb.,

Salam sejahtera bagi kita semua.


  • Yang Saya hormati, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada Yogyakarta;
  • Yang Saya banggakan, Adik-Adik Mahasiswa Peserta Pagelaran Kapitu;
  • Para Hadirin serta Tamu Undangan yang berbahagia;


Puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada hari ini kita masih diberi kesempatan untuk hadir dan berkumpul pada penutupan Pagelaran Kapitu (Pameran dan Gelaran) dengan tema ?Zenemic: Z Generation Nandur? dalam keadaan sehat wal?afiat.


Hadirin sekalian yang Saya hormati dan Adik-adik Mahasiswa yang Saya banggakan,


?Sektor pertanian mempunyai peran penting terhadap perkembangan perekonomian Indonesia dan Produk Domestik Bruto Indonesia saat pandemi Covid-19 (Menteri Pertanian Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo pada saat pertemuan virtual Menteri Pertanian dan Irigasi G-20 tahun 2020)?.


Berbicara mengenai sektor pertanian kita setuju bahwa sektor pertanian merupakan bagian yang utuh tak dapat dipisahkan dengan sistem perekonomian. Sektor pertanian memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan dan ketahanan ekonomi Indonesia. Kinerja sektor pertanian berpengaruh pada sistem perekonomian secara keseluruhan, sebaliknya kinerja sektor-sektor non-pertanian juga berpengaruh pada sektor pertanian.


Pandemi Covid-19 juga mempengaruhi sektor pertanian. Ditengah pemenuhan kebutuhan hidup harus tercukupi setiap harinya, dan pada saat yang sama cenderung konsumsi rumah tangga mengalami peningkatan, serta tuntutan harus tetap produktif meskipun di rumah membuat masyarakat melirik kembali sektor pertanian yang bisa dioptimalkan.


Melalui peran generasi milenial, sektor pertanian di era pandemi dapat dibuat menjadi digital. Produksi dan pemasaran produk pertanian yang tidak disentuh oleh digitalisasi akan stagnan, tetapi jika disentuh digitalisasi maka memiliki nilai tambah. Sudah saatnya kita semua bersama mempromosikan bahwa pertanian bukan kegiatan yang kotor dan tidak menguntungkan. Dengan menghadirkan teknologi digital dan modernisasi pertanian nantinya akan mendorong generasi milenial untuk terlibat langsung dalam pertanian.


Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, menyampaian apresiasi dan dukungan sepenuhnya kepada Fakultas Pertanian? Universitas Gadjah Mada Yogyakarta beserta jajaran panitia yang telah bekerja keras menyelenggarakan Pagelaran Kapitu (Pameran dan Gelaran) dengan tema ?Zenemic: Z Generation Nandur?.


Besar harapan dengan adanya kegiatan ini akan menggugah minat generasi milenial untuk bertani sehingga kontribusi pertanian bisa kembali seperti pada satu dekade sebelumnya yang hampir mendekati 20 persen. Patut dipancangkan optimisme kuat untuk menggapai ini dengan pendekatan kebijakan yang adaptif dan inovatif, disertai dengan sentuhan teknologi digital yang tepat.


Kami juga sampaikan ucapan ?Selamat? kepada para pemenang lomba. Dan bagi yang belum berhasil, supaya terus meningkatkan keahlian karena masih banyak ajang kompetisi kedepan yang dapat diikuti.


Demikian yang dapat Saya sampaikan. Dengan disertai rasa syukur memohon ridho-Nya dan mengucap Alhamdulillahirabbil'alamin, Pagelaran Kapitu (Pameran dan Gelaran) dengan tema ?Zenemic: Z Generation Nandur?, Saya nyatakan ditutup secara resmi. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa berkenan meridhoi setiap langkah dan upaya kita semua. Amien.


Sekian dan terima kasih.


Wassalammu?alaikum Wr. Wb.


Yogyakarta, 14 November 2020


GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X