BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

KICK OFF GASTRONOSIA 2021 MAHAKARYA GASTRONOMI INDONESIA DARI BOROBUDUR UNTUK NUSANTARA

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sambutan


KICK OFF GASTRONOSIA 2021

MAHAKARYA GASTRONOMI INDONESIA

DARI BOROBUDUR UNTUK NUSANTARA


Yogyakarta, 4 April 2021


------------------------------------------------------------------

?


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam Damai Sejahtera Bagi Kita Semua,


Yang Saya hormati:

  • Jajaran Pengurus Indonesian Gastronomy Community;
  • Tamu undangan dan peserta acara sekalian.


Pertama-tama, mari kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan rahmat-Nya kita dapat bertemu dalam acara Kick Off Gastronosia dalam keadaan sehat tanpa kurang suatu apapun. Dalam kesempatan ini, tak lupa saya mengajak para hadirin untuk tetap tertib melaksanakan protokol kesehatan selama pelaksanaan kegiatan.


Hadirin yang saya hormati,


Gastronomi dalam dunia kuliner masih perlu diperkenalkan secara lebih luas kepada masyarakat. Gastronomi sebagai suatu seni tidak hanya mempopulerkan kuliner daerah Nusantara, namun juga memilih dan mengolah bahan asupan yang lezat dan bergizi bagi masyarakat. Harapannya, dengan gizi yang tepat dan tercukupi mampu mempengaruhi lahirnya generasi bangsa yang sehat dan berkualitas.


Geliat kuliner yang semakin meningkat, seringkali mengabaikan sisi kesehatan, sehingga makanan hanya lezat tapi tidak cukup bergizi. Saya berharap pelaksanaan Gastronosia dapat merekonstruksi kejayaan gastronomi Nusantara, sebagai bagian kampanye dan diseminasi bahan pangan, ? memperkenalkan kembali makanan dan nutrisi? budaya bangsa Indonesia.


Hadirin yang saya hormati,


Saya menyambut baik rencana kegiatan Gastronosia dalam experiencing makanan raja-raja dan masyarakat Jawa hasil interpretasi Candi Borobudur dan Sima maupun Prasasti Mataram Kuno abad VIII-X. Ini menjadi potensi wisata besar dan ikonik, dan di masa depan dapat menjadi daya tarik wisatawan. Dengan demikian, mampu mendukung perekonomian khususnya di DIY.


Hadirin yang saya hormati,


Demikian yang dapat saya sampaikan di kesempatan ini. Dengan disertai rasa syukur? dan mengucap ?Bismillaahirrahmaanirrahiim?, Gastronosia sebagai Mahakarya Gastronomi Indonesia dari Borobudur untuk Nusantara resmi saya buka. Semoga Allah Tuhan Yang Maha Kuasa meridhoi usaha kita. Amiin. Terima kasih.


Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Yogyakarta, 4 April 2021


GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X