BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

?BKSAP DAY? BADAN KERJA SAMA ANTAR PARLEMEN DEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIA

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sambutan


?BKSAP DAY?

BADAN KERJA SAMA ANTAR PARLEMEN DEWAN PERWAKILAN RAKYAT

REPUBLIK INDONESIA


Yogyakarta, 6 April 2021


-----------------------------------------------------------------------

?


Assalamu?alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh,

Salam sejahtera bagi kita semua.


Yang Terhormat, Ketua beserta Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia;

Yang kami hormati, Rektor Universitas Gadjah Mada Yogyakarta;

Yang kami hormati, Rektor Universitas Islam Indonesia Yogyakarta;

Anak-anakku Mahasiswa dan Mahasiswi yang Saya banggakan;

Hadirin serta Tamu Undangan sekalian yang berbahagia.


Puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada hari ini kita masih diberi kesempatan untuk hadir pada aacar ?BKSAP DAY? Badan Kerja Sama Antar Parlemen Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia di Daerah Istimewa Yogyakarta dalam keadaan sehat wal?afiat.


Bapak, Ibu dan Saudara-saudara sekalian yang kami hormati,


Pertama-tama, atas nama Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, kami menyampaikan ucapan ?Terima Kasih? dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Badan Kerja Sama Antar Parlemen Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (BKSAP DPR RI) atas terselenggaranya kegiatan ?BKSAP DAY? kali ini. Merupakan sebuah kehormatan atas dipilihya Yogyakarta sebagai salah satu tempat pelaksanaannya.


Penyelenggaraan ?BKSAP DAY? merupakan kegiatan penting untuk mengetahui sinergi DPR RI dengan pemerintah daerah, baik pemerintah provinsi, maupun pemerintah kota dan kabupaten, hingga civitas academica untuk mendiskusikan hal yang berkaitan dengan peran maupun kebijakan pemda. Selain itu, ?BKSAP DAY? juga mengenalkan fungsi diplomasi parlemen yang dijalankan BKSAP DPR RI kepada masyarakat, khususnya mahasiswa dan dosen dari berbagai perguruan tinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).


Potensi DIY sangat luar biasa, baik di bidang pendidikan, pariwisata, kelautan dan sebagainya karena bidang-bidang tersebut telah berkembang menjadi pusat kegiatan ekonomi yang dinamis bagi masyarakat di sekitarnya. Potensi pariwisata Yogyakarta menjadi daya tarik tujuan wisatawan di Indonesia dengan jumlah turis domestik dan asing mencapai 2 juta setiap tahunnya.


Di bidang kelautan juga terdapat potensi besar dimana DIY berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Samudera Hindia memiliki potensi yang sangat prospektif, diantaranya pasar yang besar dengan jumlah penduduk sekitar 2,5 milyar; sekitar 70% perdagangan dunia melewati kawasan ini; menyimpan sekitar 55% cadangan minyak dunia dan 40% cadangan gas dunia; memproduksi sekitar sepertiga produksi tuna dunia; serta menyimpan berbagai cadangan mineral yang bernilai ekonomis tinggi.


Kemudian, bidang pendidikan yang ada DIY secara makro dapat dikatakan sudah cukup mencapai standar internasional dan sudah dianggap sebagai tempat yang menyediakan pendidikan terkemuka di Asia Tenggara. Hal ini dibuktikan dengan devisa pendidikan ada di urutan nomor dua di Asia Tenggara.


Tentunya masukan dari civitas academica dari perguruan tinggi di DIY yang mengingat Yogyakarta terkenal dengan sebutannya Kota Pelajar akan menarik dan akan diperjuangkan ke depannya oleh DPR RI.


Demikian yang dapat Saya sampaikan. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, untuk itulah kami akan selalu berusaha membantu dengan seoptimal mungkin.


Sekian dan terima kasih.


Wassalamu?alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh.


Yogyakarta, 6 April 2021


GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X