BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

KEYNOTE SPEECH MEMASTIKAN LANGKAH BIROKRASI YANG BERSIH DAN BEBAS DARI KORUPSI

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta


Keynote Speech


MEMASTIKAN LANGKAH BIROKRASI YANG BERSIH DAN BEBAS DARI KORUPSI


Yogyakarta, 8 April 2021


------------------------------------------------------------------


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam damai sejahtera bagi kita semua


Yang kami hormati seluruh peserta acara diskusi pada hari ini,


Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena hanya atas rahmat dan? karunia-Nya, kita masih diberi kesempatan untuk bersilaturahmi? dalam acara Diskusi Memastikan Langkah Birokrasi Yang Bersih Dan Bebas Dari Korupsi: Studi Kasus Daerah Istimewa Yogyakarta. Mari tetap berdisiplin melaksanakan protokol kesehatan,? kapan dan dimanapun berada di masa Adaptasi Kebiasaan Baru.


Hadirin Sekalian yang kami hormati,


Korupsi, sekali lagi,? masih saja menjadi kanker yang menggerogoti bangsa Indonesia. Segala upaya telah dilakukan untuk meminimalisir korupsi, meskipun hasilnya masih belum maksimal. Meskipun begitu, tiada kata terlambat dalam mengikis tindakan koruptif melalui berbagai daya upaya. Alang-alang dudu aling-aling, margining kautaman, semua kendala dan tantangan harus dihadapi bersama menuju entitas Indonesia yang bebas korupsi.


Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah korupsi di lingkungan Pemda DIY, yaitu dengan membentuk lingkungan kerja yang positif dan tata kelola pemerintahan yang etis, pendidikan karakter ASN yang berjiwa SATRIYA, pendidikan anti korupsi dan peningkatan skill literasi keuangan bagi aparatur negara, penerapan pengendalian internal, penerapan tingkat kompensasi yang adil, membangun mekanisme pelaporan yang kredibel dan aman.


Selain itu, optimalisasi implementasi TIK juga dapat mendukung pencegahan korupsi. Misalnya, dengan digitalisasi layanan publik, elektronifikasi layanan finansial, serta membangun sebuah sistem yang mendukung? advokasi dan partisipasi warga melalui interaksi yang lebih sederhana antara pemerintah dan masyarakat. Di level yang lebih tinggi, pencegahan korupsi harus didukung dengan penguatan kelembagaan, pengembangan dan pelaksanaan strategi anti korupsi nasional, serta penguatan komitmen kepemimpinan, baik di pusat maupun daerah.


Hadirin sekalian,


Demikian kiranya yang dapat kami sampaikan di kesempatan ini. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa meridhoi dan melindungi kita dalam upaya mewujudkan Indonesia yang bebas korupsi dan

Terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,



Yogyakarta,? 8 April 2021


GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X