BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

SELEKSI TILAWATIL QURAN (STQ) DAERAH KE-26 DIY TAHUN 2021

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sambutan


SELEKSI TILAWATIL QURAN (STQ)

DAERAH KE-26 DIY TAHUN 2021

?Nilai Qurani, Modal Membangun Harmoni dalam Pluralitas Yogyakarta sebagai Kota Toleransi?


Yogyakarta, 9 April 2021


------------------------------------------------------------------


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,


Yang kami hormati Panitia Seleksi dan Peserta? Tilawatil Quran (STQ), serta Tamu Undangan dan hadirin sekalian.


Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, kita dapat bertemu dalam acara Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Daerah ke-26 Tingkat DIY Tahun 2021 dalam keadaan sehat wal?afiat, tanpa kekurangan sesuatu apapun.


Hadirin yang kami hormati,


Dakwah Islam berfungsi untuk mengajak manusia kepada level keinsyafan, dan mendorong manusia menuju situasi yang lebih baik dan sempurna, untuk diri pribadi maupun masyarakat. Implikasi dari pernyataan Islam sebagai agama dakwah menuntut umatnya agar selalu berdakwah dalam kebaikan, melalui suasana damai dan penuh dengan rasa kemanusiaan.


Tilawatil Quran merupakan salah satu bentuk dakwah, berupa ajakan kepada umat manusia untuk mengamalkan prinsip amar ma?ruf nahi munkar. Besar harapan, seni baca Al Quran? menjadi sarana dakwah untuk menebarkan nilai-nilai toleransi di tengah masyarakat DIY, serta membendung paham-paham ekstrem yang identik dengan kekerasan dan merusak peradaban manusia.


Kegiatan Seleksi Tilawatil Quran merupakan momentum untuk memelihara, mengembangkan dan? meningkatkan pengetahuan, penghayatan, pengamalan dan penyebarluasan Al Quran dan Al Hadits sebagai semangat pembangunan karakter. Melalui kegiatan ini diharapkan muncul bibit-bibit baru para penghafal Al Quran serta kaderisasi generasi unggul yang mampu menjadi teladan dan pelopor peradaban.


Hadirin yang kami hormati,


Kegiatan pengembangan mental dan spiritual seperti ini harus terus dilakukan sebagai sarana silaturahmi dan pembinaan umat. Tak hanya dipelajari, ajaran agama juga harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kami berharap para peserta nantinya tidak hanya mahir membaca, namun dapat memahami dan mengimplementasikan pokok ajaran Al Quran sebagai pedoman hidup.


Demikian yang dapat kami sampaikan. Tak lupa, kami mengimbau agar pelaksanaan kegiatan ini tetap mengedepankan protokol kesehatan. Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Tingkat DIY Tahun 2021 secara resmi dibuka. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi usaha kita. Terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Yogyakarta, 9 April 2021

?


GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X