BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

PENYERAHAN KEPUTUSAN MENTERI ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL REPUBLIK INDONESIA

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta

?


Sambutan


PENYERAHAN

KEPUTUSAN MENTERI ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL REPUBLIK INDONESIA

NOMOR: 13.K/HK.01/MEM.G/2021

TENTANG PENETAPAN WARISAN GEOLOGI (GEOHERITAGE) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA


Yogyakarta, 22 April 2021


-----------------------------------------------------------------------

?


Assalamu?alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh,

Salam sejahtera untuk kita semua.


Yang Terhormat, Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia;


Yang Saya hormati, Kepala Badan Geologi Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia;

Yang Saya hormati, para Bupati se-DIY;

Yang Saya hormati, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah terkait di Pemerintah Daerah dan Pemerintah Kabupaten se-DIY;

Tamu Undangan serta Hadirin sekalian yang berbahagia.


Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat ? Tuhan Yang Maha Kuasa atas limpahan rahmat serta hidayah-Nya, sehingga kita semua masih diperkenankan untuk hadir sekaligus bersilaturahmi dalam acara Penyerahan Keputusan Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor: 13.K/HK.01/MEM.G/2021 tentang Penetapan Warisan Geologi (Geoheritage) Daerah Istimewa Yogyakarta dalam keadaan selamat dan sehat sejahtera.


Bapak Menteri dan Hadirin sekalian yang Saya hormati,


Indonesia merupakan negara dengan keragaman komponen geologi di setiap daerah. Potensi yang kerap dikenal sebagai geodiversitas ini penting untuk dilindungi dan diwariskan pada generasi berikutnya. Betapa keragaman komponen geologi mampu menggambarkan proses penyebaran dan evolusi bumi di daerah tersebut.


Warisan geologi tersebut kita sebut dengan geoheritage. Geoheritage berasal dari kata ?geo? yang berarti ?bumi? dan heritage yang berarti ?warisan? adalah situs atau area geologi yang memiliki nilai-nilai yang penting di bidang keilmuan, pendidikan, budaya, dan nilai estetika (The Geological Society of America, 2012).


Geoheritage sebagai laboratorium alam tentunya sangatlah bernilai dan bermanfaat sebagai sarana pemahaman mengenai proses-proses alam terbentuknya suatu daerah. Geoheritage berupa situs-situs yang sifatnya sangat nyata, tentu sangat bernilai karena menjadi sumber informasi yang langsung atau orisinil.


Kemudian dalam sektor ekonomi misalnya, warisan geologi dapat meningkatkan perekonomian kreatif setempat. Salah satunya melalui pengembangan pariwisata dan inovasi produk wisata lainnya. Hal ini mendorong masyarakat setempat untuk meningkatkan kapasitas dirinya, baik dari segi pemanfaatan maupun konservasi.


Wisata kebumian ini tentu dapat menjadi alternatif yang sangat bagus yang dapat memberikan pencerahan atau menambah wawasan peduli lingkungan, bahkan wawasan sadar bencana. Dengan memahami kejadian alam yang terekam dalam warisan geologi Daerah Istimewa Yogyakarta, masyarakat luas akan sadar bahwa Indonesia memiliki sejarah kegeologian yang sangat dahsyat.

?


Bapak Menteri dan Hadirin sekalian yang Saya hormati,


Atas nama Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, Saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bapak Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia beserta jajarannya yang telah menerbitkan Keputusan Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor: 13.K/HK.01/MEM.G/2021 tentang Penetapan Warisan Geologi (Geoheritage) Daerah Istimewa Yogyakarta.


Dengan Keputusan Menteri ini nantinya dapat digunakan sebagai dasar bagi Pemerintah Daerah dan Pemerintah Kabupaten dalam pengelolaan wilayah geoheritage. Pemerintah bersama dengan masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan kekayaan alam dengan didasari oleh pemahaman atas karakter alamiahnya, bukan atas kepentingan ekonomis semata.


Keberlangsungan geoheritage ini sangat ditentukan oleh bagaimana pemanfaatannya pada saat sekarang. Penyelamatan masa depan geoheritage nantinya akan mampu menghidupkan ekonomi daerah setempat dan bahkan bisa menciptakan peluang-peluang kerja baru.


Demikian yang dapat Saya sampaikan. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa meridhoi kita semua. Amien.


Sekian dan terima kasih.


Wassalamu?alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh.


Yogyakarta, 22 April 2021


GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X