BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

PERINGATAN HARI KARTINI 2021

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sambutan


PERINGATAN HARI KARTINI 2021


Yogyakarta, 22 April 2021


------------------------------------------------------------------


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam damai sejahtera bagi kita semua


Yang saya hormati :

  • Ketua Badan Kerjasama Organisasi Wanita DIY;
  • Perwakilan organisasi wanita di lingkungan Pemda DIY;
  • Peserta acara dan hadirin sekalian.



Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah Tuhan Yang Maha Kuasa atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kita dapat hadir dalam acara Peringatan Hari Kartini 2021.


Hadiri yang saya hormati,


Perempuan??. Dibalik sosok yang lemah lembut, ternyata menyimpan kekuatan besar yang bahkan tak pernah mereka sadari. Bagaimana perempuan dapat melaksanakan berbagai peran sekaligus dalam kehidupannya secara berimbang. Menjadi istri bagi suami, menjadi ibu bagi anak-anak, bahkan menjadi wanita karier. Inilah istimewanya perempuan sebagai sosok multitasker?.


Saat ini, frekuensi penggunaan internet di masyarakat meningkat karena mobilitas berkurang. Perempuan memiliki peran dalam proses saring informasi mandiri bagi anak. Rendahnya literasi digital dapat mengakibatkan anak kecanduan perangkat digital. Perempuan yang melek teknologi dan memiliki wawasan luas sehingga mampu memberi pengetahuan yang lebih besar untuk keluarga. Untuk dapat melaksanakan berbagai peran tersebut, perempuan diharapkan mampu menguasai skill literasi media dan literasi digital.


Hadirin yang saya hormati,


Melihat realita ini, perempuan tidak bisa dihalangi untuk membuka akses seluas-luasnya terhadap kemungkinan memberi interpretasi baru dalam rangka meningkatkan kapasitas pemikirannya. Tak bisa dipungkiri, dalam masa pagebluk ini sektor UMKM--yang banyak dimotori kaum perempuan--? justru bangkit. Perempuan pelaku usaha UMKM semakin gigih untuk tetap bertahan di situasi ekonomi yang tak menentu akibat pandemi. Second income yang dihasilkan para perempuan hebat inilah yang mampu membantu keluarga untuk bertahan menghadapi krisis, sekaligus menjadi eskalasi kekuatan ekonomi nasional.

Kartini modern adalah refleksi sosok perempuan literat, yang dicapai dengan pengerahan kapasitas untuk menjadi pribadi yang tangguh, senantiasa berpikir kritis, dan merawat iklim intelektual melalui aktivitas berdasarkan pengetahuan. Demikian yang dapat saya sampaikan di kesempatan ini. Jayalah selalu para Kartini Indonesia!


Terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Yogyakarta, 22 April 2021

?


GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X