BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

SOSIALISASI INPRES NOMOR 3 TAHUN 2019

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sambutan


SOSIALISASI INPRES

NOMOR 3 TAHUN 2019


Yogyakarta, 11 Juni 2021


-----------------------------------------------------------------

?


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam Damai Sejahtera Bagi Kita Semua,

Om Swastiastu,

Namo Buddhaya,

Salam Kebajikan


Yang terhormat, Bapak Menteri Pemuda dan Olahraga (atau yang mewakili);

Yang kami hormati:

  • Bapak Gubernur Provinsi Jawa Tengah (atau yang mewakili);
  • Para Bupati dan Walikota wilayah DIY dan Jawa Tengah,
  • Perwakilan Pemerintah Provinsi Wilayah DIY dan Jawa Tengah,
  • Para Perwakilan PSSI wilayah DIY dan Jawa Tengah, serta
  • Para Tamu Undangan dan Hadirin sekalian.



Pada kesempatan ini, marilah kita mengucap syukur kepada Tuhan yang Maha Esa, karena kita masih dianugerahi kesehatan yang baik, sehingga dapat hadir bersama-sama di tempat ini, dalam acara ?Sosialisasi Inpres Nomor 3 Tahun 2019?, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.


Saya, atas nama Pemda DIY, pertama-tama ingin mengucapkan selamat datang di Jogja, kepada seluruh tamu undangan dan hadirin yang hadir di sini, terkhusus bagi yang berasal dari luar DIY.


Pada kesempatan ini, saya juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga, yang berkenan untuk menjadikan Jogja sebagai lokasi penyelenggaraan sosialisasi ini.


Tidak lupa pula saya ingin mengingatkan, bahwa kita masih dalam masa pandemi. Karenanya saya harap semua yang hadir dan terlibat dalam acara ini dapat senantiasa mematuhi dan menjalankan seluruh protokol kesehatan dengan disiplin dan konsisten.


Para tamu undangan beserta hadirin sekalian yang saya hormati,


Keputusan Pemerintah untuk menerbitkan Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2019 ini menurut hemat kami adalah sesuatu yang luar biasa; melibatkan 12 Kementerian,? Kepolisian Republik Indonesia, para Gubernur, beserta seluruh Bupati dan Walikota. Ini merupakan bukti nyata, sekaligus pengakuan, bahwa persepakbolaan nasional kita sangat potensial untuk dikembangkan secara maksimal.


Disadari sepenuhnya, bahwa keberhasilan percepatan pembangunan persepakbolaan nasional ini sangat bergantung pada komitmen seluruh pihak. Karenanya pada kesempatan ini saya, atas nama Pemda DIY, menyatakan bahwa DIY siap mendukung percepatan ini, sesuai dengan batasan kewenangan kami, dan siap untuk bekerjasama dengan seluruh stakeholder yang terlibat. Harapannya adalah persepakbolaan Indonesia pada akhirnya nanti dapat menjadi pionir sport tourism, yang tentunya secara otomatis juga akan membawa multiplier effect yang positif bagi sektor-sektor lainnya.


Saya juga berharap dan mengajak, agar langkah apapun yang perlu kita ambil nanti, dalam pertimbangannya agar para atlet itu sendiri juga dapat dilibatkan semaksimal mungkin. Marilah kita semua senantiasa memberi ruang, mendengar, dan memfasilitasi? setiap aspirasi, keluhan, dan masukan dari para pesepakbola kita. Jadikan mereka sebagai mitra.? Jangan sampai mereka hanya sekedar menjadi objek. Jangan sampai kita lupa, bahwa cita-cita besar ini, merekalah yang akan menjalani. Merekalah yang akan mewujudkan. Merekalah yang secara personal akan menanggung segala manis-pahit perjuangan meraih prestasi. Atlet yang baik adalah mereka yang mencurahkan segalanya bagi olahraga yang dipilihnya. Bagi kita, ini adalah cita-cita. Bagi mereka, ini adalah kehidupan dan masa depan. Adalah tugas dan tanggung jawab kita semua untuk tidak mencederai itu.


Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan. Semoga seluruh rangkaian acara dapat berjalan dengan lancar, dan dapat membawa manfaat sesuai dengan yang diharapkan.


Terima kasih.



Wassalamu?alaikum Wr. Wb.

Om Shanti Shanti Shanti Om,

Namo Buddhaya.



Yogyakarta, 11 Juni 2021


GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA,




HAMENGKU BUWONO X