BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

SOSIALISASI INPRES NOMOR 3 TAHUN 2019 TENTANG PERCEPATAN PEMBANGUNAN PERSEPAKBOLAAN NASIONAL

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sambutan


SOSIALISASI

INPRES NOMOR 3 TAHUN 2019 TENTANG PERCEPATAN PEMBANGUNAN PERSEPAKBOLAAN NASIONAL


Yogyakarta, 11 Juni 2021


-----------------------------------------------------------------------

?


Assalamu?alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh,

Salam sejahtera bagi kita semua.


Yang Terhormat, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Bapak Zainudin Amali;


Yang Saya hormati, Gubernur Jawa Tengah, Bapak Ganjar Pranowo;

Yang Saya hormati, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia, Bapak Mochammad Iriawan;

Yang Saya hormati, Para Narasumber dan Peserta Sosialisasi;

Para Hadirin serta Tamu Undangan yang berbahagia.


Puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada hari ini kita masih diberi kesempatan untuk hadir dan berkumpul pada Sosialisasi Inpres Nomor 3 Tahun 2019 Tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional dalam keadaan sehat wal?afiat.


Saya menyampaikan ucapan ?Selamat Datang? di Yogyakarta kepada Bapak Menteri Pemuda dan Olahraga, Bapak Gubernur Jawa Tengah, Bapak Ketua PSSI, beserta jajarannya. Mengingat saat ini kita masih dalam pandemi Covid-19, hendaknya kita selalu menerapkan protokol kesehatan dengan ketat selama berlangsungnya acara.


Hadirin sekalian yang Saya hormati,


?Kesuksesan bukanlah suatu kebetulan, itu adalah hasil dari kerja keras, ketekunan, pembelajaran, pengorbanan dan yang terpenting rasa cinta atas yang kau lakukan dan yang kau pelajari (Pele ? Legenda sepak bola dari Brazil)?.


Sepak bola merupakan cabang olahraga paling populer di dunia. Lebih dari sekadar olahraga, sepak bola telah menjadi industri global. Adanya klub sepak bola yang menghasilkan transfer pemain, bisnis merchandise, tiket, hingga hak siar membuat sepak bola kian glamor. Banyak peluang ekonomi yang bisa dihasilkan dari sepak bola. Terlebih dalam masa pandemi Covid-19 tentunya dibutuhkan stimulus untuk menggerakkan perekonomian nasional dan tentunya bisa didapatkan dari industri sepak bola nasional.


Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta menyambut baik serta mendukung sepenuhnya upaya percepatan pembangunan sepak bola di Indonesia lewat Inpres Nomor 3 Tahun 2019 Tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional yang ditandatangani Presiden Joko Widodo. Inpres tersebut merupakan wujud dari upaya pemerintah dalam menggalang kolaborasi dan komitmen lintas kementerian, lembaga, dan pemerintah pusat hingga kabupaten dan kota untuk melakukan peningkatan prestasi sepak bola nasional dan internasional sesuai tugas, fungsi, dan kewenangannya masing-masing.


Memang saat ini persepakbolaan nasional sedang mengalami banyak permasalahan. Prestasi tim nasional senior yang belum kunjung membanggakan, permasalahan suporter yang sering ricuh, serta masalah keuangan klub sepak bola di Indonesia. Namun demikian, kita masih mempunyai harapan tentunya, seperti dari prestasi membanggakan tim nasional kelompok umur di kancah internasional baik di Asia maupun dunia. Kemudian antusiasme penggemar sepak bola tanah air dengan diumumkannya bahwa kompetisi Liga 1 dan Liga 2 akan kembali digelar. Ini semua tentunya menjadi modal kita dalam meraih target-target prestasi sepak bola nasional.


Target-target besar itu tentu tidak akan mudah diraih. Butuh kerja keras, fokus, dan pengorbanan dari semua yang terlibat. Bila semua syarat itu bisa dipenuhi, maka sepak bola Indonesia akan kembali jaya. Seperti yang dikatakan legenda sepak bola Brazil ? Pele, kesuksesan bukan suatu kebetulan semata serta tidak bisa didapat secara instan, butuh proses bertahap secara kontinyu disertai dengan ketekunan dan konsistensi maka niscaya kesuksesan akan hadir kepada kita. Jayalah sepak bola Indonesia !!!


Sekian dan terima kasih.


Wassalamu?alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh.


Yogyakarta, 11 Juni 2021


GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X