BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

FESTIVAL PURBAKALA 2021

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sambutan


FESTIVAL PURBAKALA 2021


Yogyakarta, 14 Juni 2021


-----------------------------------------------------------------------

?


Assalamu?alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh,

Salam sejahtera bagi kita semua.


Hadirin serta Tamu Undangan yang Saya hormati,


Puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada hari ini kita masih diberi kesempatan untuk hadir dan berkumpul pada acara Festival Purbakala 2021 dalam keadaan sehat wal?afiat. Mengingat saat ini kita masih dalam pandemi Covid-19, hendaknya kita selalu menerapkan protokol kesehatan dengan ketat selama berlangsungnya acara.



Hadirin sekalian,


?Pelajari masa lampau jika kamu ingin menetapkan masa depan. (Confucius ? Filsuf dari negeri China)?


Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai warisan budaya masa lalu. Pelestarian warisan budaya masa lalu merupakan tanggung jawab kita bersama. Warisan budaya masa lalu merupakan sarana untuk mempelajari dan menelusuri sejarah dan budaya. Pelestarian benda purbakala merupakan inspirasi bagi kelanjutan perjuangan kita dan menjauhkan terjadinya keterasingan sejarah yang dapat mengakibatkan kemiskinan budaya.


Catatan sejarah membuktikan bahwa nusantara ini menjadi bagian penting dari peradaban dunia. Sebagai bukti, banyak peninggalan masa silam terus terungkap di beberapa wilayah Indonesia, khususnya di Yogyakarta misalnya jejak peradaban kuno berupa benda purbakala seperti candi dan situs sejarah yang megah dan indah. Penemuan benda purbakala yang dapat kita saksikan sekarang ini membuktikan bahwa telah ada peradaban masa silam yang menghuni nusantara.


Peninggalan benda purbakala yang besar ini membuktikan tingginya peradaban leluhur kita sehingga mewariskan jejak-jejak peradaban yang monumental. Eksistensi jejak-jejak peradaban tersebut menjadi bagian penting entitas budaya kita dan merupakan bagian penting salah satu penanda keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta.


Saudara-saudara sekalian,


Pemahaman tentang pelestarian cagar budaya, perlu ditumbuhkembangkan sehingga selalu diperhatikan keserasian, keseimbangan, dan kesinambungan antara aspek fisik dan aspek sosial budayanya. Kedua aspek itu tidak dapat dipisahkan untuk mendukung upaya pelestarian cagar budaya. Bantuan dan dukungan masyarakat sangat diperlukan, karena pada hakekatnya pelestarian cagar budaya tersebut menjadi tanggung jawab kita bersama. Maka sebagai bangsa yang besar dan berbudaya marilah kita lestarikan warisan kebudayaan masa lalu untuk kebesaran bangsa ini.


Sudah sepantasnya kita berupaya menjaga, merawat, mengemas, dan mempublikasikan kekayaan warisan budaya kita kepada dunia untuk mengukuhkan identitas kita sebagai bangsa yang bermartabat. Sebab, hanya dengan memahami dan menjaga kekayaan warisan budaya dan sejarah, bangsa ini akan dihargai dan dipandang secara terhormat oleh bangsa lain.


Namun demikian masyarakat juga tidak serta merta menolak pengaruh budaya dari luar. Produk budaya asing yang mendorong kepada perbaikan hidup dan kemajuan, tidak perlu ditolak. Kita harus berpegang pada prinsip untuk menjaga warisan budaya lama yang baik, dan mengadopsi sesuatu budaya yang baru dan baik.


Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta mendukung sepenuhnya serta memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah menyelenggarakan Festival Purbakala 2021 kali ini. Besar harapan dengan adanya festival ini kita dapat membangun sinergisitas pelestarian warisan budaya khusunya benda purbakala, yaitu melakukan penguatan kapasitas masing-masing stakeholder baik masyarakat, swasta dan pemerintah terkait pelestarian benda purbakala. Pemerintah akan lebih transparan serta mampu berperan sebagai fasilitator dalam pelestarian benda purbakala. Sedangkan, kita juga berharap partisipasi aktif dan kerjasama masyarakat dalam melestarikan warisan benda purbakala.


Demikian yang dapat Saya sampaikan. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa berkenan meridhoi setiap langkah dan upaya kita semua. Amien.


Sekian dan terima kasih.


Wassalamu?alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh.



Yogyakarta, 14 Juni 2021


GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X