BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

CULTURAL EXCHANGE PESONA JAWA BARAT

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sambutan


CULTURAL EXCHANGE

PESONA JAWA BARAT


Yogyakarta, 29 Juni 2021


------------------------------------------------------------------

?


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam Damai Sejahtera Bagi Kita Semua,

Om Swastiastu,

Namo Buddhaya,

Salam Kebajikan


Yang saya hormati:

  • Gubernur Provinsi Jawa Barat, Dr. H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D. beserta jajarannya;
  • Pendukung acara Cultural Exchange
  • Pesona Jawa Barat;
  • Tamu undangan dan hadirin sekalian.



SAMPURASUN!!


Pada kesempatan yang baik ini, marilah kita mengucap syukur kepada Tuhan yang Maha Esa karena masih diberikan rahmat kesehatan, sehingga dapat hadir bersama-sama di tempat ini, dalam acara ?Cultural Exchange Pesona Jawa Barat?, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.


Saya, atas nama Pemda DIY, pertama-tama ingin mengucapkan selamat datang di Yogyakarta kepada Bapak Gubernur Jawa Barat. Yogyakarta tumbuh menjadi salah satu pusat pendidikan, budaya dan pariwisata terkemuka di Indonesia. Selain itu, Yogyakarta juga dikenal sebagai kota cyber, kota toleransi, sekaligus kota unik yang memiliki dua wajah. Di satu sisi adalah simbol tua yang berbalutkan ? nilai-nilai tradisi leluhur kerajaan Jawa, di satu sisi lainnya merupakan wajah gemerlap modernitas.


Para tamu undangan beserta hadirin sekalian yang saya hormati,


Pondok jodo panjang baraya! Rasa persaudaraan harus tetap dijaga. Itulah pepatah Sunda yang menekankan pentingnya menjaga persaudaraan tanpa memandang latar belakang suku, agama, maupun kelas sosial ekonomi. Hal inilah yang hari ini sedang kita upayakan bersama.


Cultural exchange diharapkan? dapat mempererat kekerabatan Wong Jowo dengan Urang Sunda, maupun dengan kerabat dari suku bangsa lain di Indonesia, karena sejatinya kita hidup di tanah yang sama, yaitu Indonesia tercinta.


Pemerintah Daerah DIY senantiasa mengupayakan dan mendukung Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai realitas final. Pemda DIY mengakomodir dan berusaha berpartisipasi dalam proses harmonisasi bangsa yang besar ini. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan pemberian nama jalan arteri dengan nama Jalan Pajajaran dan Jalan Siliwangi,? sebagai sarana harmonisasi sejarah dan budaya. Perubahan kedua nama jalan tersebut? dituangkan melalui Keputusan Gubernur DIY nomor 166/Kep/2017 tentang Penamaan Jalan Arteri (Ring Road) Yogyakarta dan telah ditandatangani oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta pada tanggal 24 Agustus 2017.


Jalan Pajajaran memiliki panjang 10 kilometer mulai dari simpang empat Jombor hingga simpang tiga Maguwoharjo. Jalan Siliwangi sepanjang 8,58 Km dari simpang empat Pelem Gurih hingga? simpang empat Jombor. Nama kedua jalan diresmikan oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di area Simpang Empat Jombor Sleman, Yogyakarta, Selasa, 3 Oktober 2017.


Hadirin sekalian,


Selain sebagai sarana aktualisasi dan diseminasi budaya, besar harapan saya, bahwa acara ini juga menjadi sarana pelestarian warisan leluhur Urang Sunda. Saya percaya bahwa leluhur telah mencurahkan cipta, rasa dan karsa sebagai pedoman dan bekal untuk hidup kita. Tugas kita semua-lah untuk meneruskan dan melestarikan budaya tersebut, tentu agar dapat dinikmati oleh generasi di masa depan. Ingatlah, bahwa budaya adalah alat untuk memanusiakan manusia. Dengan budaya, hidup menjadi indah, sehingga manusia dapat merasakan tataran kehidupan Hamemayu Hayuning Bawana.


Semoga acara ini dapat menjadi media membuka kembali jendela Wawasan Nusantara, khususnya bagi generasi milenial Indonesia. Tentu kita perlu meresapi apa yang disampaikan Bung Karno, bahwa kreasi kultural bukan hanya sekedar hiburan, tetapi juga menjadi upaya pengayaan wawasan sebagai bagian dari perjuangan. Semuanya adalah bagian esensial dalam proses nation-building.


Demikian yang dapat saya sampaikan di kesempatan yang baik ini. Pemerintah Daerah DIY mengapresiasi acara ini, dan senantiasa siap bekerjasama dengan Provinsi Jawa Barat dalam nguri-uri kabudayan, demi kelanjutan peradaban Nusantara.


Terima kasih.


Wassalamu?alaikum Wr. Wb.

Om Shanti Shanti Shanti Om,

Namo Buddhaya.


Yogyakarta,? 29 Juni 2021


GUBERNUR

DAERAH? ISTIMEWA YOGYAKARTA,




HAMENGKU BUWONO X