BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Home Berita Komisi B DPRD Jawa Tengah Sharing Informasi Perkoperasian dan UMKM Dengan DIY

Komisi B DPRD Jawa Tengah Sharing Informasi Perkoperasian dan UMKM Dengan DIY

Komisi B DPRD Jawa Tengah Sharing Informasi Perkoperasian dan UMKM Dengan DIY

Yogyakarta (16/04/2014) ? Komisi B DPRD Provinsi Jawa Tengah mengadakan kunjungan ke Pemda DIY hari ini, Rabu (16/04). Rombongan diterima di Gedung Pracimosono, Komplek Kepatihan, Yogyakarta.

Ketua Komisi B DPRD Jateng yang juga merupakan pimpinan rombongan Ir. H. Moch Wasiman menyampaikan maksud dan tujuan dari kunjungan ini adalah untuk mencari masukan berkaitan dengan UU No. 17 tahun 2012 tentang Perkoperasian.

Undang-Undang tentang Perkoperasian yang baru ini mengalami banyak perubahan dari undang-undang yang berlaku sebelumnya. Beberapa perubahan yang sangat mendasar dari segi-segi sendi koperasi diantaranya adalah regulasi hukum, permodalan, dan bentuk-bentuk koperasi yang harus disesuaikan.

Lebih lanjut Ketua Komisi B DPRD Jateng juga menjelaskan bahwa sebelumnya Komisi B baru saja menerbitkan Perda baru berkaitan dengan perkoperasian di Jawa tengah berdasarkan undang-undang koperasi yang lama. Namun seiring diberlakukannya undang-undang perkoperasian yang baru maka perlu adanya revisi Perda, supaya sesuai dengan undang-undang yang berlaku saat ini.

Oleh karena itu Komisi B DPRD Jateng ingin mencari masukan dari pembangunan koperasi dan UKM di DIY yang nantinya bisa dijadikan pertimbangan untuk Perda yang baru.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kabid Koperasi dan UKM Disperindagkop DIY Sultoni Nurifai mengatakan bahwa koperasi sebagai bentuk usaha perekonomian terus mendapatkan perhatian yang besar dalam pembangunan di DIY. Pemberdayaan koperasi sebagai saka guru perekonomian DIY ditunjukan dengan peningkatan data keberadaan koperasi baik dari jumlah koperasi aktifnya dan volume usahanya.

Dalam kunjungan ini dipaparkan pula mengenai pembangunan koperasi dan UKM DIY oleh Kabid Koperasi dan UKM Disperindagkop DIY, dan dilanjutkan dengan sesi dialog tanya jawab dan selanjutnya akan dilanjutkan dengan Kunjungan Lapangan di Koperasi Kompak di Kabupaten Bantul..

Acara diakhiri dengan tukar menukar cinderamata antara Pimpingan Rombongan Komisi B DPRD Jateng Kepala Bidang Koperasi dan UMKM DISPERINDAGKOP DIY . (tgl/Kar)

Pejabat

Pejabat Biro Umum dan Protokol Setda DIY