BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Total kunjungan: 539

SIDANG PARIPURNA DPRD DIY PENANDATANGANAN NOTA KESEPAKATAN KEBIJAKAN UMUM APBD

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta

 


SAMBUTAN

SIDANG PARIPURNA DPRD DIY PENANDATANGANAN NOTA KESEPAKATAN KEBIJAKAN UMUM APBD DAN PRIORITAS PLAFON ANGGARAN SEMENTARA

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

TAHUN ANGGARAN 2022


Yogyakarta, 24 Agustus 2021


------------------------------------------------------------------

 

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Salam   Sejahtera Bagi Kita Semua.

Yth.  Sdr.  Pimpinan Dewan, Anggota Dewan, dan  hadirin yang  berbahagia,

Puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas segala limpahan rahmat, taufik dan hidayah-Nya, sehingga pada hari ini, kita dapat menghadiri sidang paripurna Dewan Perwakilan   Rakyat Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta   dengan agenda penting yaitu penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama Kebijakan Umum Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara Tahun Anggaran 2022 dalam keadaan sehat walafiat.

Marilah bersama-sama kita mengucap syukur bahwa dengan disertai semangat kemitraan yang tinggi dan komitmen yang kuat antara legislatif dan eksekutif, pembahasan rancangan Kebijakan Umum APBD serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara  Tahun Anggaran 2022 Daerah Istimewa Yogyakarta dapat terlaksana sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, sehingga pada hari yang berbahagia ini dapat disepakati untuk menjadi landasan penyusunan Rancangan APBD Tahun Anggaran 2022.

Semua proses pembahasan rancangan Kebijakan Umum APBD serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara  Tahun Anggaran 2022  ini menggambarkan betapa pentingnya menyamakan persepsi tentang prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta pada Tahun Anggaran 2022. Sinergi yang kuat antara DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta adalah bentuk tanggung jawab bersama dalam upaya mencapai target pembangunan DIY pada tahun 2022 sesuai dengan apa yang telah ditetapkan dalam Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta 2017-2022.

Pimpinan Dewan, Anggota Dewan, dan hadirin yang berbahagia,

Semangat untuk melaksanakan pembangunan di Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 2022 merupakan bentuk dari kesungguhan kita dalam mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta dengan titik fokus pada Pengembangan SDM Unggul dan Sektor Strategis untuk Pemulihan Sosial Ekonomi di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Namun demikian, perlu kita sadari pula bahwa semangat dan keinginan untuk membangun daerah tidak serta merta dapat diselesaikan pada saat itu juga. Persyaratan dan kesiapan pelaksanaan kegiatan harus sesuai peraturan yang ada, kondisi keuangan daerah dan keterlibatan pihak lain menjadi faktor penentu dimana kita harus benar-benar merencanakan            dan menganggarkan secara matang apa yang akan kita bangun sehingga tujuan akhir dari pembangunan yang kita lakukan dapat tercapai.

Saya menyadari, tentunya tidak semua usulan dan kebutuhan dapat kita tampung. Kita harus mengakui bahwa kemampuan anggaran kita masih terbatas. Oleh sebab itu, kiranya dapat dipahami, jika ada suatu output kegiatan yang belum sesuai dengan keinginan karena keterbatasan anggaran yang kita miliki, akan tetapi tentunya hal itu akan kita perhatikan pada tahun anggaran berikutnya.

Sidang Dewan yang terhormat,

Dengan telah disepakatinya Kebijakan Umum APBD Tahun Anggaran 2022 serta  Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara Tahun Anggaran 2022, maka eksekutif dan legislatif pada hakikatnya mempunyai tanggung jawab yang sama sesuai fungsi dan kewenangannya untuk mewujudkan keberhasilan pelaksanaan pembangunan pada Tahun 2022 di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pimpinan Dewan, Anggota Dewan, dan hadirin yang berbahagia,

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan pada sidang paripurna penandatanganan Nota Kesepakatan Kebijakan Umum APBD serta  Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara Tahun Anggaran 2022. Dengan memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT, marilah kita memohon petunjuk dan bimbingan-Nya, agar kita senantiasa diberi kemampuan dan kekuatan lahir batin, dalam mengemban amanat rakyat, untuk melaksanakan tugas dan pengabdian kepada bangsa dan negara.

Wassalamua'laikum Wr. Wb.

Yogyakarta, 24 Agustus   2021

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA


HAMENGKU BUWONO X

Dokumentasi

Online User

Design templateOnline User