Serah Terima Tugas Dewan Pengawas RSUP Dr. Sardjito
Gubernur
Daerah Istimewa Yogyakarta
Sambutan
Serah Terima Tugas Dewan Pengawas
RSUP Dr. Sardjito
Yogyakarta, 24 Agustus 2021
------------------------------------------------------------------
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam damai sejahtera bagi kita semua
Yang saya hormati :
- Dra. Alfiah, selaku Dewan Pengawas RSUP Dr. Sardjito Tahun 2014 - Tahun 2021;
- Profesor Doktor dr. Sri Suparyati Soenarto, Sp. A (K), Ph.D. dan seluruh anggota Dewan Pengawas periode Tahun 2016- Tahun 2021;
- Direktur dan seluruh civitas hospitalia RS Sardjito;
- Tamu undangan dan hadirin sekalian.
1
Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga kita masih dapat bersilaturahmi secara daring di acara Serah Terima Tugas Dewan Pengawas RSUP Dr. Sardjito, dalam keadaan sehat tanpa kurang satu apapun.
Hadirin sekalian yang saya hormati,
Saya ingin berbagi cerita, dimana salah seorang warga DIY berusia 73 tahun menceritakan pengalamannya tentang bagaimana pelayanan kesehatan bagi pasien Covid-19 di RSUP Dr. Sardjito. Pada tanggal 4 Agustus 2021, warga ini dirujuk ke RSUP Dr. Sardjito karena ada indikasi gejala yang semakin parah. Begitu sampai di IGD RSUP. Dr. Sardjito, tenaga kesehatan langsung bergerak cepat, setelah sebelumnya memeriksa hasil swab antigen sebagai bukti terkonfirmasi positif Covid-19. Tanpa menunggu lama, tenaga kesehatan yang bertugas langsung memberikan treatment. Selang 4 jam kemudian, warga ini disarankan opname untuk mencegah memburuknya gejala klinis.
Terhitung selama 10 hari dirawat, warga ini semakin membaik kondisinya, dan pada akhirnya diijinkan pulang dalam kondisi sehat. Banyak hal disampaikan oleh warga Umbulharjo ini, seperti
bagaimana nakes bangsal senantiasa memberikan kesempatan berkomunikasi dan memberikan update kondisi pasien secara rinci dan periodik. Komunikasi juga dilakukan ahli gizi RSUP Dr. Sardjito dengan menghubungi keluarga pasien untuk menanyakan pola makan dan kemungkinan alergi makanan pasien. Demikian pula dengan pelayanan tim medis di bangsal tempatnya dirawat, penuh dengan kehangatan dan keramahan. Dengan sedikit bercanda, dalam akhir ceritanya, warga ini menceritakan bahwa menu makanan di RSUP Dr. Sardjito dirasakan enak dan sangat mendukung proses recovery-nya. Warga yang sudah sembuh ini sekarang berniat menjalankan pola hidup sehat, dimulai dengan mengonsumsi clean and healty food, terinspirasi oleh layanan gizi RSUP Dr. Sardjito.
Berkaca pada pengalaman warga di atas, saya berkesimpulan bahwa RSUP Dr. Sardjito telah bekerja dengan profesional, cepat, tepat, dan dibalut dengan hospitality yang mampu menginspirasi seorang pasien untuk hidup lebih sehat. Manajemen medis dan manajemen pelayanan di RSUP Dr. Sardjito terbukti telah melahirkan standar tinggi, dan menjadi inspiring hospital bagi pasiennya. Inilah tataran layanan prima dan culture of excellence yang harus senantiasa kita jaga dan kita kembangkan bersama-sama. Pengembangan tenaga kesehatan dan sarana-prasarana pendukung harus senantiasa dikembangkan dengan pola kolaborasi
dengan berbagai pihak dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan dengan fondasi patient safety.
Ibu, Bapak, dan hadirin sekalian,
Saya mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Dra. Alfiah, selaku Dewan Pengawas RSUP Dr. Sardjito Tahun 2014 - Tahun 2021 dan Dewan Pengawas RS. Dr. Sardjito periode tahun 2016-2021 yang diketuai oleh Profesor Doktor dr. Sri Suparyati Soenarto, Sp. A (K), Ph.D.
Tentu terdapat banyak kemajuan dan peningkatan kinerja baik di bidang manajemen dan pelayanan kesehatan. RSUP. Dr. Sardjito sampai saat ini telah menjadi rujukan nasional dalam pelayanan Hemato
Onkologi Anak, Mata, Cangkok Ginjal dan Bayi Tabung. Di masa depan, tentu kita berharap RS. Dr. Sardjito dapat menambah layanan-layanan rujukan, baik di skala nasional maupun internasional.
Kami mewakili Dewan Pengawas Tahun 2021- 2026 tentu akan terus berkomunikasi dan ngangsu kawruh kepada jajaran dewan pengawas sebelumnya, sebagai sebuah upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan RS. Dr. Sardjito secara berkesinambungan, merujuk pada visi dan misi RS. Dr. Sardjito.
Demikian yang dapat kami sampaikan pada kesempatan ini. Mari bersama-sama mendukung dan
bekerja keras menuju tataran RS. Dr. Sardjito yang Berbudaya dan Unggul dalam Pelayanan, Pendidikan dan Penelitian.
Terima kasih.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Yogyakarta, 24 Agustus 2021
GUBERNUR
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
HAMENGKU BUWONO X