BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Total kunjungan: 292

Serah Terima Tugas Dewan Pengawas RSUP Dr. Sardjito

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta

 

Sambutan

Serah Terima Tugas Dewan Pengawas

RSUP Dr. Sardjito


Yogyakarta, 24 Agustus 2021


------------------------------------------------------------------

 


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,  Salam damai sejahtera bagi kita semua

Yang saya hormati :

  • Dra. Alfiah, selaku Dewan Pengawas RSUP  Dr. Sardjito Tahun 2014 - Tahun 2021;
  • Profesor Doktor dr. Sri Suparyati Soenarto,  Sp. A (K), Ph.D. dan seluruh anggota Dewan  Pengawas periode Tahun 2016- Tahun 2021;
  • Direktur dan seluruh civitas hospitalia RS  Sardjito;
  • Tamu undangan dan hadirin sekalian.

1

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat  Tuhan Yang Maha Kuasa, atas segala limpahan rahmat  dan karunia-Nya, sehingga kita masih dapat bersilaturahmi secara daring di acara Serah Terima  Tugas Dewan Pengawas RSUP Dr. Sardjito, dalam  keadaan sehat tanpa kurang satu apapun.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Saya ingin berbagi cerita, dimana salah seorang  warga DIY berusia 73 tahun menceritakan  pengalamannya tentang bagaimana pelayanan  kesehatan bagi pasien Covid-19 di RSUP Dr. Sardjito.  Pada tanggal 4 Agustus 2021, warga ini dirujuk ke  RSUP Dr. Sardjito karena ada indikasi gejala yang  semakin parah. Begitu sampai di IGD RSUP. Dr.  Sardjito, tenaga kesehatan langsung bergerak cepat,  setelah sebelumnya memeriksa hasil swab antigen  sebagai bukti terkonfirmasi positif Covid-19. Tanpa  menunggu lama, tenaga kesehatan yang bertugas  langsung memberikan treatment. Selang 4 jam  kemudian, warga ini disarankan opname untuk  mencegah memburuknya gejala klinis.

Terhitung selama 10 hari dirawat, warga ini  semakin membaik kondisinya, dan pada akhirnya  diijinkan pulang dalam kondisi sehat. Banyak hal  disampaikan oleh warga Umbulharjo ini, seperti

 

bagaimana nakes bangsal senantiasa memberikan  kesempatan berkomunikasi dan memberikan update  kondisi pasien secara rinci dan periodik. Komunikasi  juga dilakukan ahli gizi RSUP Dr. Sardjito dengan  menghubungi keluarga pasien untuk menanyakan pola  makan dan kemungkinan alergi makanan pasien.  Demikian pula dengan pelayanan tim medis di bangsal  tempatnya dirawat, penuh dengan kehangatan dan  keramahan. Dengan sedikit bercanda, dalam akhir  ceritanya, warga ini menceritakan bahwa menu  makanan di RSUP Dr. Sardjito dirasakan enak dan  sangat mendukung proses recovery-nya. Warga yang  sudah sembuh ini sekarang berniat menjalankan pola  hidup sehat, dimulai dengan mengonsumsi clean and healty food, terinspirasi oleh layanan gizi RSUP Dr.  Sardjito.

Berkaca pada pengalaman warga di atas, saya  berkesimpulan bahwa RSUP Dr. Sardjito telah bekerja  dengan profesional, cepat, tepat, dan dibalut dengan hospitality yang mampu menginspirasi seorang pasien  untuk hidup lebih sehat. Manajemen medis dan  manajemen pelayanan di RSUP Dr. Sardjito terbukti  telah melahirkan standar tinggi, dan menjadi inspiring  hospital bagi pasiennya. Inilah tataran layanan prima  dan culture of excellence yang harus senantiasa kita jaga  dan kita kembangkan bersama-sama. Pengembangan  tenaga kesehatan dan sarana-prasarana pendukung harus senantiasa dikembangkan dengan pola kolaborasi

 

dengan berbagai pihak dalam upaya meningkatkan  kualitas pelayanan dengan fondasi patient safety.

Ibu, Bapak, dan hadirin sekalian,

Saya mengucapkan terima kasih dan memberikan  apresiasi setinggi-tingginya kepada Dra. Alfiah, selaku  Dewan Pengawas RSUP Dr. Sardjito Tahun 2014 - Tahun 2021 dan Dewan Pengawas RS. Dr. Sardjito  periode tahun 2016-2021 yang diketuai oleh Profesor  Doktor dr. Sri Suparyati Soenarto, Sp. A (K), Ph.D.

Tentu terdapat banyak kemajuan dan peningkatan  kinerja baik di bidang manajemen dan pelayanan  kesehatan. RSUP. Dr. Sardjito sampai saat ini telah  menjadi rujukan nasional dalam pelayanan Hemato

Onkologi Anak, Mata, Cangkok Ginjal dan Bayi  Tabung. Di masa depan, tentu kita berharap RS. Dr.  Sardjito dapat menambah layanan-layanan rujukan, baik di skala nasional maupun internasional.

Kami mewakili Dewan Pengawas Tahun 2021- 2026 tentu akan terus berkomunikasi dan ngangsu  kawruh kepada jajaran dewan pengawas sebelumnya,  sebagai sebuah upaya untuk meningkatkan kualitas  pelayanan RS. Dr. Sardjito secara berkesinambungan,  merujuk pada visi dan misi RS. Dr. Sardjito.

Demikian yang dapat kami sampaikan pada  kesempatan ini. Mari bersama-sama mendukung dan

 

bekerja keras menuju tataran RS. Dr. Sardjito yang  Berbudaya dan Unggul dalam Pelayanan, Pendidikan  dan Penelitian.

Terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Yogyakarta, 24 Agustus 2021

GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

 

HAMENGKU BUWONO X

Dokumentasi

Online User

Design templateOnline User