BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Total kunjungan: 259

PROGRAM LITERASI KEUANGAN DAN PENGEMBANGAN UMKM DIY-JATENG DENGAN TEMA: IBU BERBAGI BIJAK

Sambutan


PROGRAM LITERASI KEUANGAN DAN PENGEMBANGAN UMKM DIY-JATENG

DENGAN TEMA: IBU BERBAGI BIJAK

Yogyakarta, 26 Agustus 2021

 

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua,


Yang saya hormati:

 

  • Gubernur Jawa Tengah atau yang mewakili;
  • Presiden Direktur Visa Indonesia;
  • Perwakilan dari Bank Indonesia;
  • Perwakilan Otoritas Jasa Keuangan;
  • Tamu undangan dan hadirin sekalian.

 


Pada kesempatan yang insyaa Allah penuh berkah ini, kami mengajak hadirin dan saudara sekalian untuk memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, atas  nikmat sehat dan nikmat kesempatan untuk melanjutkan ibadah kita, karya kita, tugas dan pengabdian kita kepada masyarakat, bangsa dan negara. Masih dalam suasana pandemic Covid-19, marilah kita selalu berdisiplin melaksanakan protokol kesehatan kapan dan dimanapun berada.



Hadirin sekalian,


Era Industri Keempat telah hadir melingkupi berbagai aspek kehidupan manusia. Era yang identik dengan automasi, mekanisasi dan elektronifikasi, terbukti mampu merubah peradaban, dari peradaban manual-offline menuju digital-online. Berbagai sektor bisnis mulai dari UMKM sampai dengan industri besar pada akhirnya harus beradaptasi terhadap situasi ini. Perubahan signifikan terjadi akibat perubahan gaya hidup masyarakat. Masyarakat milenial cenderung ingin praktis, nyaman dan dimudahkan dalam berbagai aktivitasnya.


Dari berbagai riset yang dilakukan, elektronifikasi transaksi pembayaran memberikan manfaat cukup besar bagi pemerintah. Di Brasil, transisi pembayaran menjadi non-tunai menurunkan biaya ekonomi sebesar 1 persen produk domestik bruto (PDB). Selain itu, berdasarkan penelitian Global Insight (2003), setiap peningkatan 10 persen pembayaran elektronik akan meningkatkan pengeluaran (spending) masyarakat yang artinya menyumbang pertumbuhan ekonomi. Hasil penelitian McKinsey (2010) menyebutkan bahwa pembayaran secara elektronik dapat menghemat 8 persen biaya pengeluaran, sementara penerimaan pemerintah meningkat sampai dengan 80 persen.




Hadirin yang saya hormati,


Saya menyambut baik dan mengapresiasi Program Literasi Keuangan Dan Pengembangan UMKM DIY-Jateng ini. Program Ibu Berbagi Bijak merupakan sebuah program literasi keuangan dan pengembangan UMKM yang diinisiasi oleh Visa Indonesia sejak tahun 2017, dan pada tahun ini berkolaborasi dengan Maxi Consulting Indonesia untuk memberikan pembekalan kepada 300 UMKM yang dijalankan oleh perempuan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah.


Program Ibu Berbagi Bijak tahun ini akan memberikan pelatihan dan pendampingan bisnis secara intensif selama 5 bulan dari Agustus 2021 sampai dengan Januari 2022. Besar harapan, bahwa pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan pelaku UMKM terkait pengelolaan keuangan, pengelolaan usaha, serta memberikan suntikan motivasi tambahan agar pelaku UMKM tetap optimis menjalankan usaha di masa pandemi seperti saat ini. Selain itu Maxi Consulting juga akan memfasilitasi akses pemasaran, akses pengelolaan keuangan, pameran UMKM Virtual, dan temu bisnis bersama calon mitra potensial. Proses pelatihan paket lengkap ini diharapkan dapat mendorong perkembangan UMKM di DIY dan Jateng, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daerah.


Demikian yang dapat saya sampaikan di kesempatan yang baik ini. Selamat mengikuti pelatihan sampai paripurna. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa meridhoi kita semua. Jayalah selalu UMKM Indonesia!


Terima kasih.


Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Yogyakarta,  26 Agustus 2021


GUBERNUR

DAERAH  ISTIMEWA YOGYAKARTA,


HAMENGKU BUWONO  X

 

Dokumentasi

Online User

Design templateOnline User