BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

PERINGATAN HARI ULANG TAHUN KE-72 IKATAN BIDAN INDONESIA

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam Damai Sejahtera Bagi Kita Semua,


Yang saya hormati:

  • Kepala BKKBN Republik Indonesia;

  • Ketua Ikatan Bidan Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta;

  • Para Narasumber;

  • Perwakilan dari mitra kerja IBI DIY;

  • Perwakilan dari asosiasi profesi;

  • Tamu undangan dan hadirin sekalian, khususnya sesepuh dan anggota IBI DIY.


Puji syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, bahwasanya hari ini kita dapat berjumpa dalam momentum yang sangat istimewa, yakni perayaan ulang tahun yang ke-72 Ikatan Bidan Indonesia. Sebuah usia yang matang dengan jejak pengalaman yang luar biasa, dalam mengemban tugas mulia, sebagai garda terdepan dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak. Saya merasa terhormat bisa berada di sini, untuk sedikit urun rembug tentang pentingnya menjalin sinergi dalam transformasi kesehatan, guna penguatan pelayanan kebidanan berkesinambungan berbasis bukti.

Sejak lahirnya Ikatan Bidan Indonesia, perjalanan panjang telah dilalui. Setiap tanggal 5 Mei, kita merayakan International Day of the Midwife, yang merupakan momen penting, untuk menghargai peran yang tak ternilai dari para bidan, dalam menyelamatkan nyawa dan mendorong kesejahteraan ibu dan anak. Namun, dalam merayakan usia yang ke-72 ini, mari kita renungkan bersama bahwa perjalanan masih terus berlanjut, dan tantangan yang muncul semakin kompleks.

Transformasi kesehatan, telah menjadi arus besar yang mengalir di seluruh dunia. Kita semua telah menyaksikan bagaimana dunia berubah begitu cepat, termasuk dalam konteks kesehatan. Teknologi, penelitian, dan pengetahuan medis terbaru, telah menjadi katalisator dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Namun, disisi lain, tantangan juga semakin beragam dan menantang. Di Indonesia, negara kita tercinta, masih banyak daerah yang sulit dijangkau, serta ketidaksetaraan akses terhadap layanan kesehatan. Inilah titik di mana peran para bidan menjadi semakin vital.


Saudara-saudara sekalian,

Penguatan pelayanan kebidanan berkesinambungan berbasis bukti adalah tonggak yang harus terus kita tekankan. Bukti ilmiah adalah kompas yang akan membimbing setiap tindakan kita. Dalam era informasi seperti sekarang, para bidan perlu senantiasa mengikuti perkembangan pengetahuan medis terbaru, dan menerapkannya dalam praktik sehari-hari. Dengan mengedepankan bukti ilmiah, kita tidak hanya memberikan pelayanan yang berkualitas, tetapi juga menjaga kepercayaan masyarakat terhadap profesi bidan.

Namun, mari kita hadapi kenyataan, bahwa tantangan tidak akan berhenti pada titik ini. Masa depan akan membawa sejumlah tantangan baru bagi bidan di Indonesia. Peningkatan kualitas pelayanan di daerah terpencil, adaptasi terhadap teknologi yang berkembang pesat, serta peran bidan dalam mengedukasi masyarakat akan semakin kompleks. Namun, seperti yang selalu dilakukan selama ini, dengan semangat dan tekad yang kuat, kita pasti bisa mengatasi setiap rintangan.

Atas semua itu, Saya ingin menyampaikan apresiasi yang tulus kepada para bidan Indonesia. Pengabdian dan perjuangan saudara-saudara sekalian, dalam menjaga kehidupan ibu dan anak, adalah cermin dari kebesaran hati dan semangat kemanusiaan. Selama 72 tahun, Anda sekalian telah menjadi pelita penerang dalam setiap kegelapan, menginspirasi, dan memberikan harapan kepada banyak orang.

Sebagai harapan di ulang tahun yang ke-72, mari kita lanjutkan perjalanan ini dengan tekad yang lebih kuat. Mari kita satukan langkah, dalam transformasi kesehatan demi pelayanan kebidanan yang berkesinambungan, dan berbasis bukti. Marilah kita wujudkan visi akan Indonesia yang sehat, di mana setiap ibu dan anak, dapat menikmati hak atas layanan kesehatan yang berkualitas.

Semoga langkah kita tetap teguh, dan semangat kita tidak pernah pudar, dalam mengemban tugas mulia ini. Teruslah berinovasi, teruslah belajar, dan teruslah menjadi harapan bagi banyak orang. Akhir kata, dengan disertai rasa syukur memohon ridho-Nya seraya mengucap ?Bismillaahirrahmaanirrahiim?, rangkaian egnda Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-72 Ikatan Bidan Indonesia, Saya nyatakan dibuka secara resmi.

Terima kasih.

Wassalammualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

?

Yogyakarta, 12 Agustus 2023