BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan GELAR KARYA PELAKSANAAN UPSKILLING DAN RESKILLING GURU VOKASI BIDANG SENI DAN BUDAYA TAHU

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam Damai Sejahtera Bagi Kita Semua,


Yang saya hormati:

  • Kepala Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Seni dan Budaya;

  • Para guru yang saya banggakan;

  • Tamu undangan, warga masyarakat, dan para hadirin sekalian

Pada kesempatan yang berbahagia ini, kita berjumpa untuk merayakan Gelar Karya Pelaksanaan Upskilling dan Reskilling Guru Vokasi Bidang Seni dan Budaya Tahun 2023 dengan semangat yang menggelora. Tema besar yang diusung pada tahun ini, adalah "Merdeka Berkarya Dalam Mosaik Karya Seni Budaya yang ber-Kebhinekaan Global." Saya merasa terhormat dan bersyukur atas kesempatan ini, untuk memberikan penghargaan dan pengakuan kepada para guru, yang telah berdedikasi dalam mengembangkan seni dan budaya di tengah tantangan zaman.

Seni dan budaya adalah cerminan kekayaan dan keunikan suatu bangsa. Seni dan budaya jua-lah, yang membawa kita pada perjalanan melintasi waktu dan ruang, menghubungkan generasi-generasi yang berbeda, dan merajut benang kebhinekaan yang menyatukan kita dalam keanekaragaman. Dan pada hari ini, kita menyaksikan upaya nyata para guru bidang seni dan budaya, dalam merangkai mosaik karya yang menggambarkan warna-warni keindahan budaya kita, sekaligus menatap ke arah global.

Dalam berbagai kegiatan yang disajikan pada hari ini, kita melihat bukti nyata semangat para guru dalam menghidupkan kembali seni pertunjukan seperti seni tari, seni musik, seni teater, seni pedalangan, dan seni karawitan. Melalui setiap gerakan, nada, dialog, dan karakter yang dimainkan, para guru telah mengajarkan kepada siswa dan kita semua, bahwa seni adalah bahasa universal yang melampaui batas-batas budaya.

Tidak kalah pentingnya, pameran seni dan industri kreatif memperlihatkan keahlian guru bidang seni kriya, seni rupa, desain komunikasi visual, animasi, broadcasting, dan produksi film. Kreativitas dan inovasi yang mereka tampilkan, membuktikan bahwa seni adalah sarana untuk menggugah emosi, memancing pemikiran, dan memberi inspirasi dalam bentuk yang paling estetis.

Lebih dari sekadar pameran, kegiatan ini juga menjadi wadah bagi masyarakat sekitar, untuk berpartisipasi, mengapresiasi, dan merasakan langsung keindahan seni. Dalam kegembiraan hiburan masyarakat dan keunikan Bazaar UMKM, kita dapat melihat bahwa seni bukan hanya tentang mencipta, tetapi juga menghubungkan dan membangun komunitas yang kuat.


Bapak dan Ibu Guru sekalian,

Anda adalah pilar yang kokoh dalam pembentukan karakter dan kepekaan seni bagi generasi muda. Dedikasi dan semangat Anda dalam membimbing, mengajarkan, dan mendukung setiap langkah anak-anak kita dalam dunia seni dan budaya,? sangatlah luar biasa. Teruslah berkarya dengan semangat yang tak tergoyahkan, karena karya-karya itulah yang akan membuka jalan bagi masa depan yang lebih cemerlang.

Dalam konteks yang lebih luas, saya berharap bahwa Gelar Karya ini akan mendorong pengembangan ekonomi kreatif dan kesejahteraan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Saya percaya, bahwa seni memiliki potensi yang besar dalam menciptakan lapangan kerja, menggerakkan roda ekonomi, serta membangkitkan kebanggaan akan identitas budaya lokal.

Akhir kata, marilah kita jadikan momen ini sebagai momentum untuk terus merdeka dalam berkarya. Mari kita jalin kerja sama yang erat, saling mendukung, dan terus berinovasi demi memajukan seni dan budaya Indonesia. Terima kasih atas dedikasi dan semangat para guru sekalian, dalam mewujudkan cita-cita ini. Dan dengan disertai rasa syukur memohon ridho-Nya seraya mengucap ?Bismillaahirrahmaanirrahiim?, rangkaian acara Gelar Karya Pelaksanaan Upskilling dan Reskilling Guru Vokasi Bidang Seni dan Budaya Tahun 2023 saya nyatakan dibuka secara resmi.


Terima kasih.

Wassalammualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.



Yogyakarta, 14 Agustus 2023