BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

S a m b u t a n PENGAJIAN DAN DOA BERSAMA LAPANAN MALAM RABU WAGE MASJID KAGUNGAN DALEM SAMBISARI

Assalamu?alaikum wr. wb.


Yang saya hormati Pengurus Takmir Masjid Kagungan Dalem Sambisari dan para jamaah yang dimuliakan Allah.


Segala puji bagi Allah SWT, pemilik seluruh semesta. Selawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW yang kita nantikan syafaatnya di hari akhir.


Hadirin sekalian yang dirahmati Allah SWT,


Kerukunan dan toleransi merupakan kunci utama dalam meraih kedamaian antar umat beragama. Dengan kerukunan, hidup terasa sejuk meski berada di tengah-tengah beragam penganut agama.


Berbicara soal relasi antarumat beragama, Rasulullah merupakan potret pemimpin yang sukses memberi teladan keharmonisan tanpa menyoal perbedaan. Menyadari kemajemukan latar belakang religius masyarakat yang ada saat itu, Rasulullah ini tidak menjadikan perbedaan agama sebagai penghambat dalam membangun kerukunan. Bahkan saat umat Muslim menjadi mayoritas dan berkuasa di negaranya, Nabi tetap menghormati perbedaan keyakinan rakyatnya.

Untuk itu, umat Islam harus meneledani sikap Rasulullah dalam menjaga kerukunan antara sesama umat. Baik umat muslim maupun umat-umat agama lain. Sebab, kerukunan umat beragama merupakan salah satu dasar dalam mewujudkan cita-cita berbangsa dan bernegara. Hal ini perlu menjadi prioritas dalam menumbuhkan solidaritas dan ukhuwah antar sesama.

Untuk mencapai keharmonisan dalam kehidupan beragama, kita sangat mengharapkan generasi millenial turut serta menjaga kerukunan umat beragama dengan wujud saling menghormati kebebasan, menjalankan ibadah sesuai agamanya, dan bekerjasama antar umat beragama.

Akhirul kalam, mari kita saling menghormati dan menghargai serta berikan kenyamanan bagi saudara kita dalam menjalankan ibadah. Sehingga, kerukunan umat beragama dapat terus terjaga.

?

Wassalamu?alaikum wr. wb.