BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

S a m b u t a n PESTA RAKYAT SIMPEDES (PRS) PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK

Assalamualaikum wr. wb.

Salam sejahtera untuk kita semuanya,



Yang saya hormati:


  • Pemimpin Cabang PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Yogyakarta Katamso;

  • Rekan-rekan dari UMKM

  • Para Tamu Undangan dan Hadirin sekalian.


Terlebih dahulu, marilah kita bersama-sama memanjatkan rasa syukur kepada Allah SWT,? atas ridho dan rakhmat-Nya, sehingga kita dapat berjumpa pada hari ini, dalam kondisi sehat wal?afiat tanpa kekurangan sesuatu apapun.

Merupakan sebuah kebahagiaan, bahwasanya kita dapat bersama-sama ?mangayubagya? Pesta Rakyat Simpedes (PRS) di kota tercinta kita.? Bagi saya pribadi, PRS yang diselenggarakan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, merupakan bentuk komitmen sekaligus manifestasi tekad BRI, untuk turut menjunjung tinggi nilai-nilai keberdayaan ekonomi masyrakat.


Saudara-saudara sekalian,

Tema yang diusung pada PRS kali ini, "Percaya Diri Raih Peluang," mengandung makna yang begitu dalam bagi kita semua. Dengan begitu, PRS bukan sekadar acara biasa, namun ia adalah panggung, di mana literasi digital dan perbankan yang inklusif, akan menjadi salah satu bintang pijarnya.

Tentu kita semua paham, betapa pentingnya keberadaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam perekonomian. Mereka adalah pionir-pionir yang menjalin benang merah, di jaring labirin bisnis dan perekonomian nasional. Sehingga dapat kita maknai, PRS merupakan momentum untuk melakukan lompatan, seiring langkah konkret untuk membantu UMKM meraih potensi dan peluang sebesar-besarnya.

Melalui PRS pula, Bank Rakyat Indonesia (BRI), ingin memberikan lebih dari sekadar pelayanan perbankan. BRI ingin memberdayakan UMKM, memberikan wawasan literasi digital, yang akan membuka jendela dunia yang lebih luas, dan memungkinkan kita semua untuk berada di garis depan revolusi digital. Bukankah ini bukanlah semata tentang teknologi, namun juga tentang pemberdayaan diri kita masing-masing?

Patut pula saya apresiasi, bahwa kita dapat menyaksikan pengenalan QRIS BRI, alat digital yang membuka pintu menuju efisiensi dan kemudahan transaksi. Dengan QRIS BRI, pedagang-pedagang lokal akan memiliki akses lebih besar ke pasar global, membantu mereka tumbuh dan berkembang.

Namun, yang lebih penting lagi, QRIS BRI adalah langkah kita bersama, menuju masa depan yang lebih inklusif, di mana tidak ada yang ditinggalkan.


Hadirin sekalian,

Tidak hanya dalam wujud acara utama di Lapangan Parkir Stadion Mandala Krida Yogyakarta, PRS juga berupaya merangkul tradisi dan kearifan lokal melalui Grebek Pasar. Sepuluh pasar tradisional di Daerah Istimewa Yogyakarta, menjadi saksi atas semangat kita, dalam memperkuat jalinan sosial dan perekonomian yang berkelanjutan.

Penyelenggaraan Grebek Pasar, merupakan pembuktian komitmen yang tulus, sebab BRI percaya, bahwa ketika UMKM kita tumbuh, kita semua tumbuh bersama. Oleh karena itu, marilah dengan semangat yang penuh, mewujudkan PRS ini menjadi momentum untuk meraih peluang, menjalankan bisnis dengan kepercayaan diri, dan menciptakan pemenang di masa depan.

Untuk itu, mari kita jadikan PRS ini, sebagai titik balik dalam perjalanan kita menuju kemakmuran dan kemandirian. Mari kita berkolaborasi, bersinergi, dan bersatu untuk meraih peluang-peluang yang menanti di depan mata.

Dengan semangat "Pede Raih Peluang," kita akan membawa Yogyakarta dan UMKM kita, menuju cakrawala yang lebih cerah dan bermakna. Dengan harapan seperti itulah, saya mewakili Pemda DIY menyambut baik dan mengapresiasi Pesta Rakyat Simpedes pada hari ini.

Akhir kata, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa berkenan melimpahkan berkah serta rahmat-Nya, kegiatan bersama ini mampu memperkuat peran UMKM, sebagai pilar perekonomian daerah.


Sekian, dan terima kasih.

Wassalamualaikum wr. wb.



Yogyakarta, 19 Agustus 2023