BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

RAPAT KOORDINASI GUGUS TUGAS REFORMA AGRARIA (GTRA) DIY

Assalamualaikum Wr. Wb.,

Salam Damai Sejahtera Bagi Kita Semua,


Yang saya hormati: Pimpinan dan seluruh Peserta rapat koordinasi GTRA DIY, serta Hadirin sekalian.


Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, yang masih memperkenankan kita semua untuk dapat hadir di sini dalam keadaan sehat wal?afiat, tanpa kekurangan suatu apapun.




Saudara-saudara,


Sebagaimana kita ketahui bersama, di Indonesia, pembaruan atau restrukturisasi kepemilikan, penguasaan, dan penggunaan sumber-sumber agraria, merupakan upaya yang sudah dimulai sejak awal tahun 1960an. Secara garis besar ada tiga hal yang ingin diatasi melalui reforma agraria, yaitu perihal ketimpangan penguasaan tanah negara, perihal konflik agraria yang timbul akibat tumpang tindih distribusi lahan di masa lalu, serta perihal krisis sosial dan ekologi di pedesaan.

Di masa sekarang, reforma agraria menjadi kian relevan, sebab secara langsung maupun tidak langsung dapat membantu mengatasi isu-isu prioritas, antara lain terkait pengentasan kemiskinan dan ketersediaan lapangan pekerjaan. Dalam dokumen RPJMN 2020-2024 misalnya, reforma agraria dapat ditemukan dalam Bab 3, pada pembahasan tentang pengembangan wilayah untuk mengurangi kesenjangan dan menjamin pemerataan. Lain kata, reforma agraria merupakan tugas besar dengan cakupan yang juga sangat luas: tidak semata-mata soal perombakan struktur, sistem, dan penguasaan tanah agar lebih rapi, tertata, dan teratur.

Bertolak dari hal-hal tersebut, saya, atas nama Pemerintah Daerah DIY, menyampaikan apresiasi dan menyambut baik diselenggarakannya rapat koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) DIY, yang secara khusus mengangkat bekas tanah enclave sebagai tema pembahasannya.

Tentu merupakan harapan kita bersama, bahwa seluruh rangkaian acara dapat berlangsung dengan lancar, dan sukses menghasilkan output yang secara nyata dapat dikembangkan hingga tataran outcome.

Yang tidak kalah penting, mari pastikan agar dalam menjalankan tugasnya, GTRA DIY dapat senantiasa tingkatkan komunikasi, kolaborasi, dan sinergi dengan pihak-pihak terkait, sehingga setiap program kegiatan yang diambil dapat berjalan seefektif dan seefisien mungkin.

Akhirnya, teriring Bismillahirrahmanirrahim, Rapat Koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) DIY, saya nyatakan resmi dibuka.

Sekian dan terima kasih.









Wassalamualaikum Wr. Wb.,

?

Yogyakarta, 22 Agustus 2023