BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

AMANAT APEL BESAR HARI PRAMUKA KE-62 TAHUN 2023

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh,

Salam sejahtera untuk kita semua.



Yang Saya hormati:


  • Unsur Anggota FORKOPIMDA DIY;

  • Bupati/Walikota se-DIY;

  • Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka DIY;

  • Jajaran Pembina dan Pengurus Kwarda/Kwarcab se-DIY;

  • Adik-adik Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega yang Kakak cintai;

  • Segenap Hadirin dan Tamu Undangan.




Salam Pramuka !!!


Puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada hari ini, kita masih diberi kesempatan untuk menghadiri Apel Besar Hari Pramuka ke-62 Tahun 2023, dalam keadaan sehat wal?afiat dan diiringi nyala semangat.



Kakak-kakak dan Adik-adik Pramuka sekalian yang Saya banggakan,


Tema dirgahayu tahun ini adalah "Sumber Daya Manusia Yang Profesional dan Proporsional serta Berwawasan Global." Bagi saya, ini bukanlah sekadar kata-kata, tetapi suatu panggilan kebangsaan untuk mengatasi tantangan besar yang menghadang Pramuka dan generasi muda di masa depan.


Masa depan menghentakkan kita dengan lautan perubahan, tantangan global, dan dinamika sosial yang tak pernah reda. Namun, semangat Pramuka adalah cahaya yang akan membimbing kita melewati kegelapan ini.

Profesionalisme dan proporsionalitas adalah tonggak kemajuan. Pramuka dan generasi muda, perlu menjadi pelopor dalam menggapai puncak-puncak prestasi, menjaga komitmen pada tugas-tugas dengan kecemerlangan yang tak tertandingi. Dan di sisi lain, Pramuka tak boleh pula mengorbankan nilai-nilai kemanusiaan, kepedulian, dan keseimbangan sosial. Pramuka adalah tempat di mana kedua hal ini bertemu. Kita berdiri tegak dengan keahlian dan integritas, sementara hati kita tetap terbuka, bagi kebutuhan sesama.


Tantangan terbesar saat ini, adalah upaya menjaga akar budaya dan identitas kita. Di era globalisasi, di tengah lautan pengaruh dunia luar, generasi muda haruslah menjadi penjaga nyala api budaya dan jati diri.


Budaya adalah tumpuan spiritual, dan mempertahankannya pertanggung jawaban kita,? kepada generasi-generasi yang akan datang. Ingatlah, kita boleh melangkah maju dan menjulang tinggi, tetapi akar budaya harus tetap teguh mencengkeram tanah air, tanah kehidupan kita.



Kakak-kakak dan Adik-adik Pramuka sekalian yang Saya banggakan,


Seiring dengan gelora semangat Hari Kemerdekaan ke-78, Pramuka memiliki peran yang tak ternilai. Pramuka adalah penjaga api kemerdekaan yang senantiasa menyala, memandu kita dalam mengaktualisasi semangat kemerdekaan, dan mengarahkan Indonesia menuju kemajuan.


Selayaknya prinsip, "Pramuka adalah sekolah untuk menciptakan manusia sejati?, kita adalah pewaris dari cita-cita para pahlawan yang membebaskan bangsa, dari belenggu penjajahan. Kini, tugas mulia telah menanti, meneruskan tongkat estafet perjuangan, mengisi kemerdekaan dengan upaya positif, kerja keras, dan inovasi.


Untuk itu, mari kita berkarya dalam semangat kepramukaan yang tulus dan gigih. Mari membangun diri, menjadi sumber daya manusia yang profesional, proporsional, dan berwawasan global, tanpa pernah melupakan akar sendiri. Mari merangkul semangat kemerdekaan, dan menghantarkan Indonesia maju ke panggung dunia, sebagai kekuatan yang tak tergoyahkan.


Akhir kata, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa berkenan melimpahkan berkah serta rahmat-Nya, agar Gerakan Pramuka DIY, selalu mampu menunaikan misi kemanusiaannya dan bergerak di jalan lurus-Nya. Dirgahayulah Pramuka Indonesia, sebagai Pembela NKRI dan Pancasila, serta Patriot Bela Negara.


Sekian. Salam Pramuka !!!

Wassalamualaikum Wr.Wb.




Yogyakarta, 26 Agustus 2023