BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan ORIENTASI PENDAMPINGAN PERAWATAN JANGKA PANJANG (PJP) BAGI SEKOLAH LANSIA, WISUDA SEKOLAH L

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sehat sejahtera bagi kita semua.


Yang saya hormati:

  • Kepala BKKBN Pusat;

  • Kepala Perwakilan BKKBN DIY;

  • Ketua Komda Lansia DIY;

  • Seluruh wisudawan dan peserta acara yang berbahagia.

Puji syukur senantiasa kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, kita dapat hadir pada acara hari ini dalam keadaan sehat wal?afiat tanpa kekurangan apapun.



Hadirin sekalian,


Keberhasilan pembangunan kesehatan harus dibarengi dengan terwujudnya lansia yang tangguh, aktif, mandiri? dan tetap produktif. Sekolah Lansia lahir dari harapan, bahwa dapat tercipta lansia tangguh, baik dalam dimensi spiritual, dimensi fisik, dimensi vokasional, dimensi sosial, dimensi lingkungan, dimensi hobi dan dimensi intelektual.

Wisuda Sekolah Lansia Standar 2 hari ini, diharapkan mampu menjadi sarana edukasi bagi lansia. Selain Wisuda Sekolah Lansia, hari ini dilaksanakan pula orientasi Perawatan Jangka Panjang (PJP). Kegiatan ini merupakan proses pemberian bantuan dan dukungan jangka panjang kepada lansia yang tidak mampu merawat dirinya sendiri. Baik sebagian maupun total karena mempunyai keterbatasan dalam aspek fisik dan atau mental.


Saya berharap, melalui kegiatan orientasi ini, keluarga yang tinggal bersama Lansia dapat memberikan Pelayanan PJP secara optimal.


Hadirin sekalian,


Pada hari ini, kita juga melaksanakan penobatan Duta Lansia Istimewa 2023. Saya berharap kepada Duta Lansia Istimewa 2023, dapat menjadi pelopor bagi para lansia untuk tetap menjaga hidup sehat dan hidup bahagia. Serta membagi ilmu yang telah didapatkan untuk ditularkan kepada para lansia lain yang belum berkesempatan mendapatkan ilmu di? sekolah lansia.

Akhir kata, demikian yang dapat saya sampaikan. Menjadi harapan kita bersama, melalui berbagai program ini, Lansia DIY menjadi lebih mandiri, semakin produktif dan kreatif serta berpartisipasi aktif dan berkontribusi dalam masyarakat sesuai kemampuannya.

Terima kasih.


Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

?

Yogyakarta, 28 Agustus 2023