BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan JOGJA JAPAN WEEK (JJW) 2023

Assalamualaikum Wr. Wb.,

Salam Damai Sejahtera Bagi Kita Semua,


Yang saya hormati:

  • Yang Mulia Duta Besar Jepang untuk Indonesia (atau yang mewakili),

  • Para pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Jogja Japan Week 2023,

  • Para Tamu Undangan, dan Saudara sekalian.


Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, karena masih memperkenankan kita semua untuk dapat hadir di sini dalam keadaan sehat wal?afiat, tanpa kekurangan suatu apapun.


Hadirin sekalian,

Hubungan diplomatik Indonesia-Jepang, pada tahun ini memasuki usianya yang ke-65 tahun. Selama lebih dari 6 dekade, secara formal dan non formal telah terjalin interaksi persahabatan dan kerjasama yang sangat harmonis di berbagai sektor.

Dalam konteks DIY, telah lama dijalin berbagai hubungan persaudaraan (sisterhood) antar-daerah, misalnya Sister Province antara Provinsi DIY-Prefektur Kyoto sejak tahun 1985, yang secara spesifik menekankan pada aspek pertukaran budaya dan penguatan sumber daya manusia. Di bidang pembangunan infrastruktur, DIY juga memiliki berbagai skema kolaborasi dengan Badan Kerjasama Internasional Jepang (JICA).

Selain hubungan yang secara langsung melibatkan pihak pemerintah daerah, kita tahu ada sangat banyak format-format kolaborasi yang diinisiasi sendiri oleh berbagai elemen masyarakat maupun oleh individu di wilayah DIY. Lain kata, bagi Indonesia dan DIY khususnya, Jepang sejatinya bukanlah entitas yang asing atau ?jauh?. Apalagi karena ada sangat banyak nilai-nilai tradisional atau kearifan lokal budaya Jepang yang secara esensi sangat mirip dengan budaya kita, sehingga secara natural dapat diterima akal (make sense) bagi masyarakat Indonesia.

Sehubungan dengan hal-hal tersebut, pada kesempatan yang baik ini, saya, atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat DIY, menyambut baik dan mengapresiasi diselenggarakannya Jogja Japan Week (JJW) 2023.? Apresiasi juga saya tujukan kepada pihak penyelenggara, pengisi dan pendukung kegiatan, serta seluruh pihak lain yang turut berkontribusi, sehingga perhelatan besar ini dapat kembali terlaksana.

Tentu merupakan harapan kita bersama, bahwa acara ini tidak akan berhenti sampai pada tataran output saja, melainkan, dapat dikembangkan hingga ke tataran outcome atau manfaat. Sehingga, mari kita semua pastikan, bahwa seluruh rangkaian kegiatan dapat berlangsung dengan lancar dan kondusif, dan pada akhirnya secara nyata dapat memberi kontribusi positif bagi semua.

Sekian dan terima kasih.


Wassalamualaikum Wr. Wb.,

?

Yogyakarta, 01 September 2023