BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan JOGJA COFFEE WEEK #3

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sejahtera untuk kita semua.


Yang saya hormati :

  • Ketua Kamar Dagang dan Industri DIY beserta jajarannya;

  • Komunitas Kopi Nusantara;

  • Dan seluruh pecinta dan penikmat kopi


Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, pada hari ini kita berkesempatan untuk hadir bersama pada acara Jogja Coffee Week Ke-3 dalam keadaan sehat wal?afiat.


Hadirin sekalian,


Kopi sebagai komoditi dalam satu dasawarsa terakhir ini mengalami dinamika yang signifikan. Pola konsumsi dan peminat produk kopi beserta turunannya mengalami tumbuh kembang yang luar biasa.

Terlebih, dengan dukungan teknologi informasi dan kemudahan pola transaksi, maka aneka produk kopi tetap mendapat tempat dan terus mengisi keseharian para pecinta kopi dimanapun berada. Bahkan, kopi kini menjadi gaya hidup dengan semakin menjamurnya warung dan kafe kopi.

Tentunya, ini menjadi potensi besar yang bisa kita gali dan kembangkan. Selama ini, biji kopi mayoritas masih berasal dari luar daerah. Padahal, DIY memiliki dua jenis kopi, yaitu kopi dari lereng Gunung Merapi dan kopi dari Pegunungan Menoreh yang tak kalah nikmat dari kopi dari daerah lain. Pemerintah Daerah DIY terus berupaya meningkatkan daya saing dan? produktivitas kopi lokal. Saya berharap, para pelaku usaha kopi juga dapat mendukung upaya kami untuk mengenalkan dan turut mempopulerkan kopi asli Jogja ini.

Saya menyambut baik diselenggarakannya Jogja Coffee Week Ke-3 pada hari ini. Saya berharap, para pelaku usaha bidang kopi dapat? memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan komoditas kopi melalui sistem B to B (business to business) ataupun B to C (business to customer).

Demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga gelaran ini mampu menjadi wadah pengembangan pasar dan promosi bagi para pelaku usaha kopi.

Terima kasih.


Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

?

Yogyakarta, 01 September 2023